Pessel

Pesisir Selatan Raih Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil dari KLHK RI

Painan, PilarbangsaNews.com,– Kabupaten Pesisir Selatan meraih penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penyerahan penghargaan Adipura itu dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin didampingi Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya, Selasa (5/3) di Auditorium Dr.Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK RI Jakarta.

Penghargaan bergensi itu diterima oleh Bupati Pesisir Selatan perwakilan Sekretris Daerah, Mawardi Roska didampingi sejumlah pejabat Dinas Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (Perkimtan dan LH) Kabupaten Pesisir Selatan.

Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya dalam Segalanya mengatakan, Adipura adalah agenda nasional dan kebijakan yang dilaksanakan sejak tahun 1986. Adipura merupakan penghargaan bagi kota/kabupaten yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan perumahan, lingkungan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, eknoomi hijau, dan fungsi ekologi untuk mencapai kota berkelanjutan.

“Program Adipura juga menjadi instrumen penting bagi lingkungan. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten/kota terus didorong untuk melakukan pengelolaan sampah yang terkoodinir dari hulu ke hilir. Pemerintah daerah juga diminta mengoprasikan TPA (Tempat Pembuangan Akhir), mendorong mendorong RTH (Ruang Terbuka Hijau) ) dan lainnya,” harap Siti Nurbaya.

Wapres, Ma’ruf Amin dalam pidatonya mengatakan, kebijakan dan program Adipura di Indonesia akan terus disempurnakan. Esensi Adipura diharapkan tetap terjaga. Pemerintah daerah serta masyarakat secara luas sangat diharapkan peranannya untuk kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah secara maksimal.

Dikatakan, pengelolaan sampah menjadi isu yang kompleks, dan tentunya juga menjadi perhatian pemerintah. Pengurangan sampah sebesar 30 pesen, dan penanganan sampah sebesar 70 persen terus dilakukan. Dalam hal ini, pemerintah daerah mendorong melakukan pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hlir.

Adipura diharapkan mampu meningkatkan kontribusi dalam pengelolaan sampah dan memenuhi target pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya. Ditekan kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk mencapai target pengelolaan sampah, dan meningkatkan perah aktif masyarakat, pinta wapres.

Sementara itu Sekda Pesisir Selatan, Mawardi Roska mengatakan, penghargaan Adipura ini menjadi motivasi bagi pemrintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan peran dan fungsi dalam menciptakan lingkungan yang bersih serta pengelolaan sampah secara maksimal.

“Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui KLHK RI yang telah memberikan penghargaan berupa penghargaan Adipura. Semoga ke depan peran pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan tehadap lingkungan dan pengelolaan sampai kian meningkat,” pungkasnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *