Agama

SDN 01 Koto Laweh Punya Mushalla Baru, Bupati Eka Putra dan Ketua BAZMA Pusat Gunting Pita

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Program Unggulan Bupati Tanah Datar, Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah mendapat apresiasi dan ungkapan kekaguman dari Ketua Baituzzakah Pertamina (BAZMA) Pusat Ir. Susilo, MBA. ketika peresmian Mushalla SDN 01 Koto Laweh Kecamatan X Koto.

Peresmian Mushalla baru SDN 01 Koto Laweh tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penanda tanganan prasasti oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM bersama Ketua BAZMA Pusat Ir. Susilo, MBA, Sabtu (09/03/2024) di komplek SDN 01 Koto Laweh Kecamatan X Koto.

“Bagaimana program Pak Bupati dalam mencetak para penghafal Alquran dimana programnya satu rumah satu hafizh/hafizah, dan tekad menjadikan kabupaten tahfizh. Itu suatu program yang luar biasa, merinding Saya dan semoga dengan kehadiran mushalla ini akan dapat mendukung program pak Bupati tersebut,“ ucap Susilo.

Dikatakan Susilo, dengan kehadiran mushalla di sekolah tersebut bisa dijadikan sebagai tempat terbaik dalam mencetak penghafal Alquran ke depannya dan diharapkan mushalla ini juga sangat bermanfaat bagi warga sekolah dan masyarakat disekitarnya.

Terkait pembangunan mushalla, disampaikan Susilo, yang berawal dari informasi yang didapatkan dari pejabat pertamina Pak Surya yang juga putra Koto Laweh jika di SDN 01 Koto Laweh ada kegiatan yang sudah diinisiasi yaitu pembangunan mushalla.

Dari itu BAZMA berdiskusi terkait pembangunan itu, apa yang dapat dilakukan sehingga pembangunan mushalla bisa terwujud hingga saat ini selesai dibangun, diresmikan dan siap dimanfaatkan.

Dijelaskan Susilo bahwa BAZMA merupakan sebuah yayasan yang mewadahi atau menyalurkan penghimpunan zakat, infak, sedekah dan wakaf dari pekerja Pertamina.

Sebelumnya Kepala SDN 01 Koto Laweh Marnita, HM. S.Pd menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada BAZMA Pusat yang telah menyalurkan zakatnya untuk pembangunan mushalla tersebut.

Sejarah singkat terkait sekolah disampaikannya, SDN 01 Koto Laweh berdiri dan mulai beroperasi pada tahun 1883, termasuk yang tertua di Kabupaten Tanah Datar. Sampai saat ini masih mempertahankan arsitektur bangunannya dan satu lagi kembarannya yaitu SDN 01 Birugo Bukittinggi.

“Selama ini SDN 01 Koto Laweh belum punya mushalla dan saat ini hal yang kami rindukan tersebut dapat terwujud dan hari ini diresmikan Pak Bupati Eka Putra dan Pak Susilo dari BAZMA, Alhamdulillah terima kasih kepada pak Bupati, BAZMA, panitia pembangunan, para donatur lainnya dan juga masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra turut menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan mushalla dilingkungan SDN 01 Koto Laweh tersebut.

“Atas nama pemerintah daerah dan pribadi saya menyampaikan ucapan selamat dan turut berbahagia atas peresmian mushalla di SDN 01 Koto Laweh ini, semoga dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah dan masyarakat, serta dapat menjadi wadah pendukung program daerah satu rumah satu hafiz/hafizah,” ujarnya.

Disampaikan Bupati Eka Putra hingga saat ini anak-anak Tanah Datar yang sudah hafizh alquran sudah mencapai 18.700 anak, mulai dari 1 hingga 30 juz.

“Awalnya ini mimpi saya di tahun 2045 nanti dimana Indonesia merayakan ulang tahun emas diusia yang ke-100 tahun, lebih dari 50 persen anak-anak Tanah Datar sudah penghafal alquran,” ulasnya.

Bupati juga apresiasi pemerintah nagari, perantau, donatur, majelis guru, masyarakat, komite sekolah dan juga orang tua murid dengan kekompakan dan usaha bersama dapat berdiri sebuah mushalla yang megah, dan semoga dengan kehadiran mushalla tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan warga sekolah.

Turut hadir saat peresmian mushalla tersebut Direktur Human Capital Pertamina Surya Tiarto Dt. Rangkayo Mulya, Camat X Koto, Forkopimca, Wali Nagari Koto Laweh, komite sekolah, KAN, BPRN dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *