Ramadhan 1445 H

Gubernur Mahyeldi Bersama Tim Safari Ramadhan Kunjungi Mesjid Mukhlisin Nagari Panampuang

Agam, PilarbangsaNews

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, bersama Tim Safari Ramadan (TSR) Pemprov Sumbar mengunjungi Masjid Mukhlisin Jorong Surau Labuah, Nagari Penampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Agam, Rabu (13/3/2024).

Dalam sambutannya, Gubernur mengimbau masyarakat agar terus meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah di Bulan Ramadan. “Alhamdulillah, kita bersyukur atas antusiasme jemaah dan pemuda-pemudi di Nagari Penampuang malam ini, yang tentu menunjukan tingginya semangat kita dalam beribadah pada bulan Ramadan. Semoga kita tergabung dalam golongan orang-orang yang terpaut hatinya kepada masjid,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Gubernur menyebutkan, Ramadan adalah bulan pendidikan dalam beribadah. Sehingga, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah melalui amalan salat, tadarus, zikir, serta meningkatkan sedekah.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga menyalurkan bantuan hibah dari Pemprov Sumbar untuk pengembangan pembangunan Masjid Mukhlisin senilai Rp50 juta, ditambah dengan bantuan dari Bank Nagari Rp15 juta, dari Jamkrida Sumbar Rp10 juta, dari Dinas Pendidikan Sumbar Rp5 juta, dari RSAM Bukittinggi Rp5 juta. Serta bantuan kitab suci Al-Quran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar dan Kanwil Kemenag Sumbar serta Biro Kesra Sumbar.

Kepala Dinas PMD Sumbar H. Amasrul, SH menyerahkan bantuan Al Qur’an kepada Pengurus Mesjid Mukhlisin

Dalam kesempatan itu, Wali Nagari Panampuang, Etri Warmon, mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Tim Safari Ramadan Gubernur bersama rombongan TSR Pemprov Sumbar. “Mudah-mudahan kedatangan rombongan Tim Safari Ramadan ini semakin menambah semangat bagi kami untuk terus memakmurkan masjid ini,” tuturnya.

Menurut Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, SH., Nagari Panampuang yang dikunjungi Tim Ramadhan 2024 ini adalah Nagari Presisi, yaitu sistem penyelenggaraan pemerintahan nagari berbasis data presisi yang telah didasarkan pada Peraturan Nagari (Perna).

“Jika Perna Nagari Presisi bisa ditingkatkan ke level Peraturan Daerah (Perda), maka Kabupaten Agam akan menjadi Pemda pertama yang punya Perda tentang penyelenggaraan pemerintah daerah berbasis data presisi,” kata Kadis Amasrul, SH., yang didampingi Kabid UEM, SDA dan TTG Mahdianur, SE.MM dan Kabag Umkep Adi Pondra, S.Pd.

Selain Nagari Presisi, Panampuang termasuk dalam program Zero Waste atau Nagari Bebas Sampah, yang masuk percontohan di Provinsi Sumatera Barat.

Turut hadir dalam Tim Safari Ramadan Gubernur ini adalah Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Dedi Diantolani; Kepala Bapenda Sumbar, Syefdinon; Kabiro Adpim Sumbar, Mursalim; Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius; Direktur RSAM Bukittinggi Busril; Kepala Dinas SDA dan Bina Kontruksi Sumbar Fathol Bahri; Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin; Kepala Dinas PMD Sumbar, Amasrul; Kabiro Kesra Sumbar Al Amin.

Kemudian, Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Febrina; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Reti Wafda; Kepala Dinas DP3AP2KB Sumbar Herlin Sridiani; Plt Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar Noli; Asisten II Setdaprov Sumbar, Direktur Utama Bank Nagari; dan Direktur Jamkrida Sumbar. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *