Dharmasraya

Tim 12 Safari Ramadhan Kabupaten Berikan Informasi Pembangunan ke Warga Nagari Batu Rijal

Dharmasraya, PilarbangsaNews- Tim Safari Ramadhan (TSR) 12 Kabupaten Dharmasraya melakukan kunjungan pertama sesuai dengan SK Bupati Dharmasraya Nomor : 100.3.3.2/89/KPTS-BUP/2024 tentang Pembentukan Tim Safari Ramadhan Kabupaten Dharmasraya 1445 H/2024 M di Masjid Dinul Islam Jorong Batu Rijal Nagari Batu Rijal Kecamatan Padang Laweh.

Tujuan dari Pemkab Dharmasraya menggelar kegiatan Safari Ramadhan adalah dalam rangka meningkatkan ketaqwaan umat dalam beribadah di bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M. Selain itu adalah untuk memberikan informasi program pembangunan kepada masyarakat di nagari-nagari yang berada di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

“Alhamdulillah Tim 12 Safari Ramadhan melakukan kunjungan pertama di Masjid Dinul Islam di Nagari Batu Rijal Padang Laweh. Kami berharap kedatangan tim 12 dapat memberikan manfaat yang positif kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya, terutama Nagari Batu Rijal,” kata Ketua Tim 12 Safari Ramadhan, Kepala Inspektorat Kabupaten Dharmasraya, Andy Sumanto.

Kata Ketua Tim 12, Pemkab Dharmasraya tahun ini menurunkan 17 tim ramadhan untuk melakukan silaturahmi dengan jamaah masjid. Serta melihat secara lebih dekat bagaimana kondisinya, dalam menyemarakkan bulan suci ramadhan.

“Dengan harapan semoga kita selalu meningkatkan ukhuwah islamiyah, kebersamaan dan kekompakkan pasca Pilpres dan Pemilihan legislative dan DPD RI. Bagaimanapun hasilnya kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan di Negara tercinta ini,” kata Ketua Tim.

Tim juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat meramaikan masjid dan mushola di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Lantunkanlah ayat-ayat Allah di rumah tangga, dan jadikanlah bulan suci ramadhan sebagai media untuk pembinaan diri, keluarga dan masyarakat.

“Mudah-mudahan bulan penuh keberkahan, keistimewaan dan ampunan ini bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. In Shaa Allah selesai melaksanakan ibadah puasa dan rangkaian ibadah lainnya, kita betul-betul menjadi orang yang bertaqwa dalam pengertian sebenarnya. Bahkan kembali suci seperti bayi yang baru saja dilahirkan oleh ibunya,” bebernya lagi.

Bukan hanya itu saja, Tim 12 Safari Ramadhan juga menghimbau agar masyarakat dapat membayar zakat khususnya zakat harta dapat disalurkan melalui Baznas. Karena Baznas berdasarkan UU No.23 tahun 2011 adalah lembaga Negara yang bersifat independen yang ditugaskan untuk mengelola zakat Infak Sedekah (ZIS).

Sementara di Kabupaten Dharmasraya, Baznas diatur melalui Perda No.3 tahun 2018. Pada pasal 4 dan Perbup no.119 tahun 2018 pasal 2 mengatur zakat yang dikelola oleh Baznas. Disamping zakat harta juga termasuk zakat fitrah.

“Pada tahun ini kami menghimbau para jamaah dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas dan akan disalurkan kepada yang berhak menerima bantuan. Mari kita tingkatkan zakat dan amal ibadah kita untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah,” pungkasnya.

Tim 12 safari ramadhan Kabupaten Dharmasraya diketuai oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Dharmasraya, Andy Sumanto. Dengan Wakil Ketua, Anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya, Aandri Saputra, anggota lainnya antara lain, anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya, Rosandi Sanjaya Putra. Sekretaris BKPSDM, Harsono.

Sekretaris Dinsos, Dwi Andayani, KA UPTD PKB Dishub, Zulfahmi Andri. Kabid Perikanan, Dodi Sandra Syam, Kabag Umum dan Keuangan Sekretariat Dewan, Yusrizal. Guru Agama SMK 1 Pulau Punjung, Juramika.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan, Zulfahmi, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kasiwas Polres Dharmasraya, Dolizal Putra, Paranata Komputer Ahli Muda DPMPTSP, Sri Purniawati dan salah satu staf Kesra, Yaser Arafat. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *