Ramadhan 1445 H

Safari Ramadhan di Bukittinggi, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Tanggung Jawab Bersama untuk Membina Generasi Muda

Bukittinggi, PilarbangsaNews

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, melanjutkan agenda Safari Ramadhan ke Masjid Baitul Jalal Muhammadiyah, Kota Bukittinggi, Rabu (27/03/2024). Di hadapan jemaah tarawih, Gubernur kembali mengingatkan pentingnya pembinaan generasi muda, sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mempersiapkan masa depan bangsa yang lebih baik.

“Alhamdulillah, hari ini kita bersama Tim Safari Ramadhan (TSR) berada di Bukittinggi untuk menunaikan qiyamullail, iktikaf, singgah sahur, serta subuh mubarak. Kita semalam di Bukittinggi dan beribadah,” ucap Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur menyebutkan, momentum Ramadhan harus dimaksimalkan sebagai ajang untuk membina generasi muda, yang akan menjadi calon pemimpin bangsa di masa depan, termasuk saat merealisasikan Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti.

Oleh karena itu, Gubernur Mahyeldi meminta seluruh lapisan masyarakat, untuk memberikan perhatian penuh pada pembinaan generasi muda, dengan memfasilitasi pendidikan pemuda dengan sebaik-baiknya. Pemprov Sumbar sendiri, telah mengalokasikan APBD hingga 20 persen melalui Dinas Pendidikan, ditambah lagi anggaran yang tersedia di Dinas Pemuda dan Olaharga, Dinas Koperasi dan UMKM, dan beberapa dinas lainnya.

Turut dalam rombongan TSR Pemprov Sumbar di Bukittinggi ini Asisten Setdaprov Sumbar Andri Yulika, jajaran Kepala OPD antara lain Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) H. Amasrul, SH., Kadis Pendidikan Barlius, S.Pd.,MM., Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi, beberapa Kepala Biro di Lingkup Pemprov Sumbar, pimpinan BUMD dan BUMN, Pimpinan TVRI Sumbar, Pimpinan KPID Sumbar, serta Ustad Ridho Nur selaku penceramah.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyalurkan bantuan untuk pengembangan pembangunan Masjid Baitul Jalal Muhammadiyah senilai Rp50 juta, ditambah lagi bantuan dari Bank Nagari, Jamkrida, bantuan Al Qur’an dsri Dinas PMD Sumbar serta bantuan perlengkapan ibadah dari lingkup OPD Pemprov Sumbar.

Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, SH yang ditanya wartawan seusai acara Tim Ramadhan mengatakan bahwa bantuan kitab suci Al Qur’an yang diberikan oleh dinasnya dimaksudkan sebagai motivasi agar disetiap masjid bergema lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an dari para remaja atau generasi muda.

“Kita harapkan generasi muda tidak hanya sekadar bisa membaca Al Qur’an, tetapi juga memahami isinya dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga betul-betul terbentuk generasi yang Qur’ani, Insya Allah,” harap Kadis PMD Amasrul. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *