Ramadhan 1445 H

MUI Payakumbuh Himbau Pengurus Masjid Hidupkan Syi’ar 10 Akhir Ramadhan

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Sepuluh Akhir Ramadhan merupakan momentum terbaik untuk bertaqarrub ilallah dalam bentuk ibadah dan amal shaleh. Para salaf terdahulu memanfaatkan momentum mahal ini untuk melaksanakan i’tikaf di masjid-masjid.

Hal ini yang dihimbau MUI Kota Payakumbuh. Melalui Sekum MUI, Buya H Hannan Putra Lc MA menyebut bahwa ia sudah mengeluarkan edaran kepada pengurus masjid agar memfasilitasi jamaah untuk melaksanakan i’tikaf.

“Mari kita berlomba-lomba di sepuluh terakhir Ramadhan ini untuk ibadah. Mohon pengurus masjid bisa membuat program-program i’tikaf dan kegiatan meramaikan masjid. Jangan hanya fokus pada pembangunan fisik masjid,” pesan Buya Hannan kepada awak media, Sabtu (31/3/2024) selepas memberi kajian Shubuhnya di Masjid Babus Shiddiq Bonai.

Ia menyayangkan jika kegiatan yang digelar malah menarik orang keluar masjid. “Malam sepuluh akhir Ramadhan ini adalah waktu yang mahal dan sangat mulia. Harusnya diisi dengan qiyamul lail. Jangan malah diisi dengan kegiatan yang melalaikan. Katakanlah itu fashion show, kasidah, dan sebagainya” ucapnya.

Buya Hannan juga menyinggung penyelenggaraan MTQ yang berlangsung sepanjang malam sampai dini hari. “Kegiatan ini kurang tepat dan tak relevan diangkat di sepuluh akhir Ramadhan. Bahkan kita temukan di lapangan, dijadikan kesempatan untuk berikhtilath bergaulnya muda-mudi. Bahkan ada pula yang mengandung qimar (judi),” kritik Buya Hannan. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *