Kriminal

Mobil Berisi Hasil Penyulingan Ilegal Meledak, Hanguskan Rumah Warga

Muba, PilarbangsaNews

Lagi-lagi kembali terulang insiden yang berdampak dari aktivitas penyulingan minyak ilegal, yaitu terbakarnya satu buah kendaraan Dhaihatsu jenis Grandmax pick up yang diduga bermuatan minyak mentah hasil penyulingan dalam wilayah hukum Polsek Keluang pada Rabu (17/04/24) bertempat di Dusun Satu Desa Dawas, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kendaraan dengan nomor polisi BH 8590 MT meledak/terbakar hingga mengakibatkan dua rumah warga Desa Dawas habis dilalap si jago merah dan menghabiskan satu buah kendaraan roda rmpat jenis truck Canter.

Mendapat informasi itu, Polsek Keluang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Ipda Fery SH. Alhasil berkat kesigapan anggota pelaku berhasil diamankan di Mapolsek Keluang Polres Muba.

“Pelaku yang diamankan yaitu Febry Munasa Putra dan dengan barang bukti berupa satu unit mobil jenis Grandmax pick up nomor polisi BH 8590 MT, satu buah dirigen berisikan minyak mentah kurang lebih 5 liter dan satu buah celana pendek merk Eiger warna abu-abu,” papar Kanit Reskrim Polsek Keluang.

Menurut data yang dihimpun di lapangan, kendaraan pickup Grandmax tersebut diparkir di pinggir jalan. Namun tiba-tiba muncul asap yang berasal dari bagian bawah mobil. Tidak lama kemudian timbul percikan api dan mengakibatkan mobil tersebut terbakar meledak dan menjalar ke rumah warga Desa Dawas, Kecamatan Keluang.

“Untuk pelaku kita terapkan pada Pasal 53 UU RI Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak Dan Gas Bumi dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun penjara dan denda paling tinggi Rp60 miliar,” tutupnya. (Candra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *