Sumbar

Dinilai Tim Provinsi, Pemda Pasaman Optimis Padang Mantinggi Jadi yang Terbaik di Sumbar

Dinilai Tim Provinsi, Pemda Pasaman Yakin Nagari Padang Mantinggi Bisa Jadi yang Terbaik di Sumbar

Pasaman, PilarbangsaNews

Lolos jadi yang terbaik di Kabupaten Pasaman, Nagari Padang Mantinggi, Kecamatan Rao, diutus mewakili Pasaman dalam Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024.

Atas masuknya Nagari Padang Mantinggi sebagai tiga besar tingkat Sumbar, langsung dilakukan penilaian di Kantor Wali Nagari Padang Mantinggi, Kecamatan Rao, Kamis 6 Juni 2024 serta diikuti dengan kunjungan lapangan.

Kehadiran Tim Penilai Provinsi yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar H. Amasrul, SH disambut meriah ratusan masyarakat setempat, termasuk Bupati Pasaman yang diwakili oleh Plt Sekda Pasaman Yasri Uripsah, didampingi OPD terkait, termasuk Camat Rao dan Wali Nagari Padang Mantinggi Syamsu Tabri.

Sekda Pasaman Drs. Yasri Uripsyah dalam sambutannya mengatakan, ia yakin Padang Mantinggi bakal terpilih menjadi Nagari Berprestasi tingkat Sumatera Barat. Hal ini tentu merupakan kerja keras seluruh pihak.

Dalam hal ini, Yasri juga menegaskan, menjadi juara bukan tujuan utama, tetapi yang lebih penting nagari sebagai bagian terkecil dari pemerintahan harus mampu memberikan pelayanan terbaik dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sementara Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman, Drs. Hasrizal menyebut, selama dua tahun terakhir, tahun 2022 dan 2023, Kabupaten Pasaman berhasil menempatkan nagarinya di posisi tiga besar dalam Nagari Berprestasi Tingkat Sumatera Barat.

Kepala Dinas PMD Provinsi Sumbar H. Amasrul, SH., selaku Ketua Tim Penilai menjelaskan, tujuan penyelenggaraan Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan ini adalah untuk mengevaluasi, menilai dan mendorong Pemerintah Desa/Nagari dan Kelurahan bersama masyarakat untuk menemukenali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya.

Selain itu untuk mengetahui capaian yang ada di Desa/Nagari dan Kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.

“Lomba ini merupakan wadah apresiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam bentuk penghargaan kepada Pemerintah Desa/Nagari dan Kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan Desa/Nagari dan Kelurahan,” kata Amasrul, SH., yang didampingi Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd., M.Si.

Penilaian Lomba Desa/Nagari dilaksanakan di tingkat Sumbar dari tanggal 23-26 Mei 2024. Dari 14 Kabupaten/Kota, Kabupaten Pasaman masuk dalam 3 tiga besar penilaian Desa/Nagari Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Tahap dua mendengarkan pemaparan Wali Nagari dan dilanjutkan dengan tahap tiga yaitu klarifikasi lapangan yang dilakukan dengan cara checking kebenaran data pada Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan dan Bidang Kemasyarakatan.

Tim Penilai tingkat Provinsi terdiri dari H. Amasrul, SH sebagai Ketua Tim (Kepala Dinas PMD Sumbar), Drs. H. Aristo Munandar (pamong senior), Desrianto Boy, S.Pd.,M.Si (Kabid Pemnag), Retma Nency, S.STP (PSM-Ahli Muda PMD Sumbar), Drs. Suherman, M.Pd (Disdik Sumbar), Feri Irawan, S.Ag (Korprov Sumbar RMC P3PD), Yuriko Andrea Pangestu (Regional Managemen Consultant P3PD), Djaya Putra Gani, S.IP.,M.Si (Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sumbar), Wiwi Febriani, SKM,. M.Si (Dinas Kesehatan Sumbar), Dra. Hendrawati Roza.,M.Si (TP PKK Sumbar), Muhammad Nazif., S.Sos (PSM-Ahli Muda PMD Sumbar) serta dibantu sekretariat tim Airissandi Vinika, S.Tr.IP dan Yuli Yuswan. (gk/zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *