Wartawan

DPRD Kalimantan Timur Puji FWP Sumatera Barat, Janji Akan Bentuk Pula Forum Wartawan

Samarinda, PilarbangsaNews

DPRD Provinsi Kalimantan Timur saat ini baru memaksimalkan peran Humas Sekretariat Dewan dalam mengelola media sosial dan membangun kemitraan dengan para wartawan. Namun, hingga kini DPRD Kaltim belum punya Forum Wartawan Parlemen seperti yang ada di DPRD Provinsi Sumbar.

Demikian disampaikan oleh Tenaga Ahli DPRD Kaltim Farah Silvia dan Tri Wahyuni dalam Forum Diskusi Studi Tiru dengan Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP-SB) di Aula DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar No.1 Samarinda, Senin (10/6/2024) pagi.

Menurut Farah Silvia, adanya Forum Wartawan Parlemen tentu sangat untuk mempublikasikan agenda kedewanan, kegiatan reses, kunjungan anggota dewan dan sosialisasi produk DPRD kepada masyarakat sebagai bentuk pertanggungjawaban publik.

“Kami apresiasi dan salut dengan DPRD Sumbar yang telah memiliki Forum Wartawan Parlemen, dan telah pula memberikan fasilitasi kepada wartawan berupa mengikuti UKW, fasilitasi studi tiru dan pembayaran kliping media. Ini akan kami tiru dan usulkan kepada Pimpinan DPRD Kaltim dimasa datang,” kata Farah Silvia, yang juga pengajar di berbagai kampus ini.

Forum Wartawan Parlemen (FWP) Provinsi Sumbar sebanyak 21orang berkunjung ke DPRD Provinsi Kaltim sebagai kegiatan Studi Tiru, dipimpin oleh Ketua FWP-SB Novrianto, SP dan didampingi dua orang Sekretariat DPRD Sumbar yaitu Arnely Amran dan Ida Wulan Sari.

Sekretariat DPRD Sumbar Arnely Amran menyerahkan cindera mata kepada Sekretariat DPRD Kalimantan Timur

Hadir menyambut FWP-SB ini Tim dari Sekretariat DPRD Kaltim yaitu Tenaga Ahli Farah Silvia, Tenaga Ahli Tri Wayuni, Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Andi Abdul Razaq, SH.,MH., Kabag Persidangan dan Perundangan Suriansyah, SE.,M.Hum., Analis Kebijakan Ahli Muda Drs. Azhari, M.Si dan Pranata Humas Ahli Muda Drs. Vidi Gatot Setiadi.

Sementara itu, Ketua FWP Sumbar Novrianto, SP mengatakan, bahwa Studi Tiru ke Provinsi Kaltim ini adalah bagian dari menambah wawasan dan perbandingan. Sebab DPRD Kaltim adalah peringkat pertama dalam Indeks Kebebasan Pers di Indonesia, dan itu patut dipelajari kiatnya.

FWP-SB yang sudah berusia 23 tahun dan telah berbadan hukum ini, selalu berupaya mencari ruang bantuan yang sesuai aturan, sehingga program-program FWP-SB dapat berjalan, terutama dalam upaya peningkatan kapasitas, studi tiru dan UKW.

Novrianto menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang disampaikan Sekretariat DPRD Kaltim kepada Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat. Karena itu FWP-SB terus berbenah dan meningkatkan fungsinya sebagai wadah kebersamaan dan pengayaan profesi kewartawanan.

Pertemuan yang hangat dan bersahabat di Ruang Rapat Khusus DPRD Kaltim itu diisi juga dengan tanya jawab, terutama tentang mekanisme pelibatan wartawan dalam setiap agenda kedewanan, termasuk mengikuti kunjungan daerah bersama wakil rakyat.

Pada kesempatan Studi Tiru ini, Sekretariat DPRD Sumbar Arnely Amran menyerahkan cindera mata, sedangkan Ida Wulan Sari menyerahkan oleh-oleh berupa makanan khas Sumatera Barat keripik balado. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *