Payakumbuh

Payakumbuh Gelar Kegiatan Sosialisasi Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar SMA

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang-Pol) Kota Payakumbuh gelar kegiatan sosialisasi pemantapan wawasan kebangsaan bagi pelajar SMA sederajat di Kota Payakumbuh.

Berlangsung di Aula Pertemuan Ngalau Indah lantai III Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu (12/6/2024) sore, sosialisasi dibuka Penjabat Wali Kota Payakumbuh, didampingi Kepala Kantor Kesbang-Pol Dipa Surya Persada dan narasumber yang akan memberikan sosialisasi pembina PPI Kota Payakumbuh.

Penjabat Wali Kota Payakumbuh saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan jika wawasan kebangsaan merupakan sebagai pembeda dari negara Indonesia, dimana wawasan ini mencerminkan sifat persatuan dan kesatuan yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia.

“Dan juga sebagai cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan guna mengekspresikan jati diri yang berlandaskan Pancasila dan undang-undang dasar negara Indonesia 1945,” ujar Ifon Satria Chan mewakili Penjabat Wali Kota Payakumbuh.

Menurut Ifon, konsep kebangsaan merupakan hal yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia. Dimana hal ini telah dijadikan dasar negara dan ideologi nasional yang terumbu dalam Pancasila sebagaimana terdapat dalam alinea pembukaan UUD 1945.

Disampaikannya, wawasan kebangsaan Indonesia menolak akan segala bentuk dari diskriminasi, suku ras, asal usul keturunan, warna kulit, kedaerahan, golongan, agama, dan kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa, kedudukan serta status sosial.

Adapun maksud dan tujuan dari sosialisasi tersebut untuk memperkuat sinergitas bersama generasi muda, serta untuk menanamkan nilai-nilai yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga negara terhadap lingkungan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Serta juga sebagai sarana bagi generasi muda untuk membangun soliditas sosial sekaligus membangun kerjasama dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mempersiapkan kader terbaik bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan KNRI,” ujar Kepala Kantor Kesbang-Pol Kota Payakumbuh.

Dipa katakan bahwa wawasan kebangsaan mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan menghendaki pengetahuan yang memadai tentang tantangan masa kini dan masa mendatang serta berbagai potensi bangsa.

“Dan karena itu, Kesbangpol yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam hal ini, maka sosialisasi wawasan kebangsaan ini berlangsung untuk menjaga NKRI yang kita cintai ini,” tukasnya. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *