Koperasi

KPRI Korpri Unit Kantor Gubernur Sumbar Masuki Era Digitalisasi Koperasi

Padang, PilarbangsaNews

Bertempat di Kantor Koperasi Pegawai Republik Indonesia Unit Korpri Kantor Gubernur Sumatera Barat, pada Senin (6/9) dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan antara Koperasi Korpri Unit Kantor Gubenur dengan PT. Invelli Solusindo dalam rangka digitalisasi koperasi.

Penandatanganan PKS ini dilakukan oleh Ketua KPRI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumbar H. Ell Yawardi, SE yang didampingi oleh Sekretaris Rifai, SE.MM dan Bendahara Delmi, B.Sc.

Ketua KPRI Unit KORPRI Kantor Gubernur Sumbar H. Ell Yawardi, SE mengatakan, beberapa tahun yang lalu KPRI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumbar sesungguhnya sudah menginginkan digitalisasi, tetapi masih belum terlaksana karena belum mendapatkan vendor perusahaan jasa IT digitalisasi yang kompeten.

“Harapan kami kerjasama dengan PT. Invelli Solusindo ini, digitalisasi koperasi ini segera terwujud dan dapat direalisasikan pada koperasi kami ini,” kata Ell Yawardi.

“Kami melihat fitur-fitur digitalisasi yang ditawarkan oleh PT. Invelli Solusindo lebih lengkap dan modern serta mudah digunakan oleh semua anggota kami khususnya yang aplikasi Mobile Banking Cardlez,” ungkapnya.

Ell Yawardi menambahkan, bahwa digitalisasi ini adalah sebuah jawaban atas perkembangan teknologi digital yang dijawab oleh KPRI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumbar. Di era kekinian implementasi digitalisasi koperasi ini juga menjawab masukan dari Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joynaldi pada RAT yang lalu dimana menurut Wagub Sumbar agar koperasi juga menerapkan system IT dan terdigitalisasi.

Sedangkan PT. Invelli Solusindo pada saat penandatanganan PKS diwakili oleh Yosi Afianto, S.Si selaku Business Development Director. Menurutnya, di era revolusi industri 4.0 maka digitalisasi merupakan keniscayaan bagi setiap entitas badan usaha, sehingga entitas terkait tersebut mampu berdaya saing (competitiveness) dan tidak digilas iklim perubahan bisnis yang berubah begitu sangat cepat dan massif. Hampir semua sektor usaha mengalami perubahan pola bisnis menjadi bisnis yang online yang real time dan terdigitalisasi.

Efek disruptif akan sangat dirasakan oleh entitas usaha yang lambat dalam merespon digitalisasi. Tentu yang unggul sebagai the winner adalah entitas yang sudah masuk ke ranah implementasi digitalisasi.

Dikatakan Yosi Afianto, S.Si, dengan kondisi pandemi Covid-19 maka pola perilaku konsumen semua serba berubah, transaksi non tunai pun menjadi pilihan dikarenakan begitu ketatnya Prokes bertatap muka dalam berbisnis atau bertransaksi, sehingga dengan adanya pandemi Covid-19 maka telah terjadi akselerasi implementasi digitalisasi hampir di semua sektor usaha bahkan disimpulkan bahwa digitalisasi merupakan solusi efektif bagi setiap entitas badan usaha untuk agar tetap dapat bertahan di masa pandemi bahkan untuk masa yang akan datang.

Lebih jauh,  PT Invelli Solusindo merupakan perusahaan IT digitalisasi yang kompeten dan ahli di sektor IT Microfinance meliputi bank umum, BPR dan Koperasi. “Khusus untuk digitalisasi yang sudah PKS dengan Koperasi Korpri Unit Kantor Gubenur Sumbar ini, kami menyediakan aplikasi Core System Koperasi (Microsys) sehingga semua pembukuan transaksi dilakukan secara real time online yang terkoneksi ke neraca & laporan keuangan koperasi yang juga secara real time online dan akurat. Kami juga menyediakan aplikasi Mobile Koperasi (Cardlez) sebagai Mobile Banking Android. 

Khusus fitur-fitur Cardlez lengkap dan super canggih meliputi multi biller, multi e-wallet, multi payment, e-commerce dan dilengkapi media promosi. Anggota koperasi secara real time dapat melihat posisi saldo simpanan serta sisa outstanding pinjaman, sehingga koperasi yang sudah terdigitalisasi sudah sama dan setara dengan bank. Selain itu adanya fitur Loan Origination System (LOS) dimana pengajuan pinjaman oleh anggota koperasi dapat secara online melalui Cardlez dan sudah dilengkapi dengan Credit Scoring System. (ori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *