Tanah Datar

Peringatan HDI 2021, Pemkab Tanah Datar Adakan Pawai Mini dan Vaksin

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Penyandang Disabilitas Internasional (HDI) melalui Dinas Sosial PPPA, dimulai dengan upacara, pawai mini dan ramah tamah yang dilaksanakan pada Kamis (2/12/2021) di Indo Jolito Batusangkar.

Bupati yang diwakili staf ahli Ekobag Nusyirwan mengatakan, peringatan HDI ini merupakan apresiasi atas jasa, peran dan kemampuan, serta motivasi untuk menyelesaikan masalah penyandang disabilitas.

Ia menambahkan, peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan menghilangkan stigmatisasi terhadap penyandang disabilitas.

Kegiatan ini juga membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang bagaimana penyandang disabilitas dapat meningkatkan efisiensi dan berperan penting dalam pembangunan.

Hal ini sejalan dengan tema HDI tahun ini, yaitu “Kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas untuk mewujudkan tatanan dunia yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca Covid-19”.

“Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran di semua aspek masyarakat untuk mewujudkan pemberdayaan, kemandirian, dan kesejahteraan penyandang disabilitas,” kata Nusyirwan.

Staf Ahli Nusyirwan berharap semua pihak dapat menjalin kemitraan dengan organisasi penyandang disabilitas, dan dalam Luhak Nan Tuo ini akan merencanakan program untuk memberikan manfaat langsung bagi penyandang disabilitas.

“Kami mendorong semua sektor masyarakat untuk bahu-membahu mewujudkan hak-hak penyandang disabilitas. Apalagi jika mereka memiliki keterampilan, tentunya ini bisa digunakan untuk membantu penyandang disabilitas sejahtera meski dibatasi di masa pandemi Covid-19,” ucap Nusyirwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Yuhardi mengatakan, peringatan HDI jatuh pada tanggal 3 Desember. Namun, peringatannya didahulukan sehari mengingat waktu yang fleksibel untuk mengadakan beberapa rangkaian acara.

“Tak hanya upacara, pawai mini dan ramah tamah, dalam acara ini kita juga menyediakan fasilitas vaksin sehingga memudahkan vaksinasi bagi saudara kita penyandang disabilitas,” ujar Yuhardi yang saat itu dihadiri Sekretaris Dinas Sosial PPPA Afrizon, Indonesia Disability Research and Advocacy Network (AIDRAN) yang juga Sekretaris PPDI Sumatera Barat Dr. Antoni Tsaputra, S.S, MA. Ph.D, PPDI Tanah Datar Irwanto, Kabid Rehabilitasi Pelayanan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Aslamudin, SLB se Tanah Datar dan tamu undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *