.

Bupati Eka Putra Serahkan Beasiswa BAZNAS untuk 450 Mahasiswa Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Penyerahan secara simbolis sebanyak 450 mahasiswa Tanah Datar yang tersebar diwilayah Indonesia terima manfaat beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tanah Datar yang di serahkan oleh Bupati Eka Putra, SE, MM dilaksanakan di Masjid Muhammadiyah Batusangkar pada Rabu (07/12/2022).

Ketua BAZNAS Tanah Datar Yasmansyah mengatakan sejumlah mahasiswa penerima beasiswa tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi (PT) yang ada di Indonesia dan yang berada di wilayah Sumatera Barat.

“Mahasiswa kita yang ada di luar Provinsi Sumatera Barat yang lolos seleksi ada 33 orang, sedangkan dalam Provinsi Sumatera Barat sebanyak 417 orang,” ujarnya.

Yasmansyah mengatakan, penerima manfaat BAZNAS tidak bisa berturut-turut, dan yang menerimanya saat ini kemungkinan sudah menerimanya dua tahun lalu.

Yasmansyah mengatakan, mengingat kondisi ekonomi, semula direncanakan mengalokasikan anggaran lebih dari 5 miliar untuk 200 mahasiswa, namun karena mahasiswa yang membutuhkan biaya kuliah sangat antusias, maka dibagi secara proporsional sehingga total yang telah diterima mahasiswa bervariasi, minimal sebesar Rp.1.000.000.

Melihat kebutuhan pelayanan masyarakat yang semakin meningkat, Yasmansyah berharap dan meminta kepada pemerintah daerah untuk mendukung penguatan zakat, misalnya biaya pengobatan masyarakat dianggarkan sebesar Rp800 juta, sementara realisasinya bisa mencapai Rp1,4 miliar.

Yasmansyah menambahkan, untuk 2023 mendatang BAZNAS Tanah, mengingat zakat guru TK Negeri di Tanah Datar juga disalurkan melalui BAZNAS Tanah Datar, anggaran juga akan dialokasikan untuk bantuan Taman Kanak-Kanak (TK).

Sementara itu, Eka Putra Bupati Tanah Datar menyampaikan terima kasihnya kepada BAZNAS Tanah Datar yang terus berupaya memajukan dunia pendidikan dengan mengalokasikan anggaran untuk mahasiswa Tanah Datar yang sedang menempuh pendidikan di PT di berbagai wilayah Indonesia.

“Adek adek mahasiswa, mari kita syukuri nikmat Allah SWT sehingga BAZNAS Tanah Datar terus berkontribusi untuk pendidikan anak-anak Tanah Datar, yang juga dapat mengurangi beban pemerintah daerah, dan pada saat yang sama BAZNAS juga berkontribusi terhadap anggaran daerah yang terbatas,” ujarnya.

Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa bantuan beasiswa ini memang tidak teratur setiap tahunnya, dan tahun ini dapat mungkin tahun berikutnya tidak, maka bersabar dan bersyukur, serta doakan para muzakki yang menyumbangkan sedikit hartanya, agar selalu sehat dan dimudahkan rezekinya oleh Allah SWT.

Sambil memberikan motivasi kepada para mahasiswa ini, Bupati Eka Putra mengajak para mahasiswa untuk fokus belajar dan meraih cita-cita, mewujudkan impian.

“Sulit memang, tapi asal fokus dan percaya pasti bisa. Belajarlah dengan giat, jangan langsung menyerah jika merasa tertekan, akan ada kesuksesan yang menantimu, tetap semangat, jujur, baik hati dan berani,” pesannya.

Turut hadir dalam acara penyerahan beasiswa BAZNAS Kadis Sosial Afrizon, Kabid SD Dinas Pendidikan Lutfi, Kasi Penyelenggara Zakat, Kementerian Agama Tanah Datar Abu Hanifah,Camat Lima Kaum Irwan, Kepala Cabang Bank Nagari Syariah Dewi Purnama dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *