Tanah Datar

Kunjungi Stand Inacraft Tanah Datar, Bupati Eka Putra Bertemu Desainer Nasional dan Internasional

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda mengunjungi stand Pameran Dekranasda Tanah Datar di Pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta,Rabu (1/3/2023).

Dalam kunjungannya, Bupati Eka Putra dan Ny. Lise tampak antusias menyaksikan kerajinan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tanah Datar seperti tenun Pandai Sikek, tenun lintau, sulaman kapalo samek,Eco prints berupa bahan baju,tenunan atai,rajut berupa topi, tas, sepatu, batik Pariangan,rajut safir dan berbagai produk lainnya.

Bupati Eka mengatakan, pameran yang diikuti Dekranasda Tanah Datar harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperkenalkan produk-produk hasil UMKM kepada pengunjung.

“Momen ini harus dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk-produk berkualitas Tanah Datar kepada para pengunjung. Selain itu, tadi saya melihat pengunjung dari berbagai bangsa dan negara,” ujarnya.

Eka berharap pihak yang bertanggung jawab menjaga stan Tanah Datar memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung.

“Berikan pelayanan dan kesan terbaik agar pengunjung mau membeli produk kita dan jika memungkinkan berikan detail kontak produsen UMKM dan sebaliknya agar dapat dihubungi jika membutuhkan atau jika kita memiliki produk baru untuk dipromosikan melalui WA atau media sosial lainnya, “tambah Eka.

Bupati berharap masyarakat Tanah Datar juga dapat memanfaatkan produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM lokal dan menjadi role model atau panutan bagi masyarakat lainnya.

“Baju yang saya dan istri saya pakai sekarang adalah produk UMKM Tanah Datar. Ini adalah bentuk kecintaan kami terhadap produk UMKM kita dan berharap juga setidaknya ASN melakukan hal yang sama pada hari yang telah ditentukan,” kata Eka.

Ketua Dekranasda Ny.Lise Eka Putra mengatakan, pameran Inacraft merupakan salah satu event yang dinanti-nantikan oleh pelaku IKM dan UMKM Tanah Datar.

“Akan banyak pengunjung dari Jakarta ataupun dari berbagai daerah di Indonesia lainnya di pameran Inacraft. Tentunya saat ini saya berharap banyak orang yang datang berkunjung dan membeli produk kita, sehingga hasil IKM dan UMKM Tanah Datar semakin dikenal masyarakat luar,” ujarnya.

Disampaikan Ny.Lise pameran Inacraft juga bisa menjadi motivasi untuk belajar dan menambah wawasan menjadi lebih baik.

“Kita berharap dapat memperoleh banyak manfaat dari pameran ini sehingga dalam beberapa tahun ke depan di ajang yang sama, produk IKM dan UMKM semakin berkualitas dan semakin dicintai masyarakat,” ujarnya.

Saat bersamaan,stand Dekranasda dikunjungi Desainer Nasional dan International Musa Widyatmodjo yang langsung berdiskusi dengan Bupati Eka Putra dan Ny.Lise Eka Putra tentang strategi pengembangan IKM dan UMKM.

“Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh IKM dan UMKM adalah mengenali pangsa pasar atau selera konsumen untuk mengadakan pameran sehingga produk yang ditampilkan pada pameran menarik dan laris manis,” ujarnya.

Musa kembali mengatakan bahwa konsep yang diajukan peserta pameran secara umum sudah baik, menonjolkan kekayaan lokal, namun ada tiga hal yang harus diperhatikan.

“Dalam sebuah produk pakaian,ada yang namanya pakaian adat, yang dipakai dalam prosesi adat, kemudian ada pakaian tradisional yang dipakai pada acara-acara penting seperti kenduri dan lainnya,dan ada pakaian fashion atau lifestyle.tentu saya harap bapak dan ibuk pelaku IKM dan UMKM harus memanfaatkan potensi pakaian fashion ini untuk menciptakan inovasi baru sesuai selera konsumen dan tren terkini,” jelasnya.

Terakhir, Musa mengatakan ia bersedia membantu siapa pun, termasuk IKM dan UMKM di daerah agar bisa lebih maju ke depannya.

“Saya siap dan bersedia memberikan ilmu ke daerah. Saya tunggu undangannya ya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eka Putra dan Ny. Lise Eka Putra juga mengunjungi stand pameran dari daerah lain.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *