Tanah Datar

25 Guru MTsN 14 dan MIN 2 Tanah Datar Ikuti Pelatihan Menulis

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Sebanyak 25 orang guru MTsN 14 Tanah Datar dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Tanah Datar ikuti Pelatihan Jurnalistik Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 14 Tanah Datar Afrizal Dt. Sabatang, M.Pd. di lokal 8.3 MTsN 14 Tanah Datar, Jorong Koto Nan Tuo, Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru.

Pembukaan tersebut dihadiri Wakil Kepala Sekolah MTsN 14 Tanah Datar Hamdan, S.Ag, dan pelatihan itu berlangsung selama satu hari dengan nara sumber dua wartawan senior yaitu Mustafa Akmal dan Musriadi Musanif.

Kepala MTsN 14 Tanah Datar Afrizal Dt. Sabatang, M.Pd. menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan pembekalan kepada guru MTsN dan MIN 2 Tanah Datar. “Kita harapkan seluruh guru bisa mengikuti pelatihan ini dengan serius karena kegiatan ini bertujuan mengembangkan kemampuan jurnalistik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan madrasah,” katanya.

Disamping itu untuk mempersiapkan warga madrasah dalam menyonsong tantangan “Satu Madrasah Satu Berita” yang sedang digalakkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar H. Hendri Pani Dias, S.Ag, MA.

Sementara itu wartawan senior Mustafa Akmal sebagai naravsumber menyampaikan aspresiasi atas program yang dilakukan MTSN 14 Tanah Datar dan melalui program ini memotivasi guru menulis. “Kita berharap kegiatan ini tetap bekelanjutan walaupun yang diberikan baru dasar jurnalistik, teknik wawancara dan cara penulis di media. Tapi jika terus berlatih kita yakin sekolah ini akan mampu melahirkan jurnalis andal. Saya ingin kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada hari ini saja. Kita akan tetap melakukan pertemuan berkala dengan para gutu untuk berdiskusi dalam rangka mengasah dan mengasuh agar kemampuan menulis gutu betul-betul bagus dan mantap. Kami siap meluangkan waktu jika pihak sekolah masih membutuhkan untuk mengembangkan kemampuan guru sehingga hasil tulisan bisa dimuat dimedia baik cetak maupun online untuk ikut membantu mempromosikan sekolah MTsN 14 Dan MIN 2 Tanah Datar,” kata Mustafa Akmal.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Hamdan, S.Ag menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan dukungan kepala madrasah, atas terlaksananya kegiatan pelatihan, termasuk dukungan dari guru-guru yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan pelatihan ini.

Selama kegiatan berjalan, peserta langsung praktik menulis. Di puncak kegiatan, dipilih beberapa hasil tulisan peserta untuk dikupas dan diedit bersama-sama dengan nara sumber, sehingga di akhir kegiatan peserta mampu menulis satu berita.

Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta. Sajian materi dari kedua nara sumber mampu menarik peserta bertanya, terkait tips dan trik menulis berita layak publish di media massa cetak dan online. Pemateri juga memberikan motivasi kepada peserta untuk menulis. “Mulailah menulis, ide itu dijemput, direkam dan dieksekusi segera. Menulis adalah keterampilan, maka lakukan terus-menerus agar terbiasa dan mampu menghasilkan karya terbaik,” kata nara sumber Mustafa Akmal. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *