HUT RI KE-78

Wabup Pasaman Sabar AS Hadiri HUT RI ke-78 di Kampuang Kajai II Jorong Murni Nagari Panti

Lubuk Sikaping, PilarbangsaNews

“Terus Melaju untuk Indonesia Maju” adalah merupakan tema HUT RI ke 78 tahun 2023, yang ditandai dengan semaraknya perayaan dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten sampai ke kampung-kampung.

Di Kabupaten Pasaman perayaan tahun ini merupakan perayaan yang paling meriah setelah adanya pandemi Covid-19 yang melarang untuk berkumpul dan wajib menjaga jarak.

Kampung Kajai II sontak mejadi ramai dengan kedatangan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, sosok pemimpin yang mereka idolakan, pemimpin yang ramah, sopan dan merakyat.

Sabar AS dalam pidato pembukaan lomba lomba HUT RI tersebut menyampaikan bahwa kemajuan teknologi saat ini sangat banyak memberikan dua efek yaitu positif dan negatif. Efek negatif akan memberikan dampak buruk jika tidak siap dengan kemajuan teknologi yang mempunyai dampak globalisasi.

“Tantangan arus globalisasi seperti narkoba, kenakalan remaja, pergaulan bebas, LGBT dan sebagainya tidak bisa diratapi saja tetapi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat, kegiatan-kegiatan yang positif, mengisi waktu dengan kegiatan yang positif slah satunya dengan lomba-lomba, olah raga, kegiatan keagaman dan sebagainya,” ungkap Sabar AS.

Selanjutnya Sabar AS menyampaikan bahwa Pemda Pasaman sedang giat-giatnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat untuk memajukan Pasaman antara lain.

Pertama giat Pasaman Berimtaq dengan tujuan agar masyarakat Pasaman memiliki keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT melalui kegiatan gerakan Magrib Mengaji, Gerakan Tahfiz yang menjadikan generasi muda sholeh dan sholehah dimana penghafal Al Qur’an akan mendapatkan mahkota di akhirat nantinya. Di dunia bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan jalur prestasi bahkan sampai perguruan tinggi.

Kabupaten Pasaman pada tanggal 23 Agustus 2023 nantinya akan menyelenggarakan wisuda Tahfiz Akbar dihalaman Kantor Bupati sebanyak 1.606 orang. Selanjutnya gerakan Subuh Berjamaah dan thaharah mesjid dengan tujuan memakmurkan mesjid, gerakan praktek kebiasaan berimtaq disekolah.

Giat Pasaman cerdas, kegiatan ini menggratiskan SPP kepada siswa mulai dari SD sampai SLTA dengan program wajib belajar 12 tahun. “Harapannya tidak ada lagi usia anak sekolah yang putus sekolah. Pemda Pasaman akan menyediakan anggaran sebesar Rp1 miluar untuk beasiswa sampai ke perguruan tinggi,” kata Wabup Sabar.

Giat Pasaman sehat, pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp40 miliar untuk menjamin kesehatan masyarakat Pasaman. Tidak ada lagi masyarakat yang tidak terlindungi oleh BPJS Kesehatan. Cukup dengan memerlihatkan KTP atau KK masyarakat sudah mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kita harapkan remaja mesjid lebih giat yang memberantas pekat, mengatasi ancaman perusakan generasi muda, peningkatan nilai-nilai keagamaan, olahraga terus dilaksanakan baik turnamen dan sebagainya dan kegiatan seni tradisi budaya sehingga dengan cara itu Insya Allah membentengi generasi muda, meningkatkan kualitas SDM, menjadi generasi unggul dan berdaya saing baik dimasa depan, Merdeka…. Merdeka…,” harap Sabar AS.

Sebagai bentuk perhatian dan pembinaan terhadap pemuda, secara pribadi Wabup Sabar AS memberikan bantuan untuk kesuksesan acara tersebut.

Sabar AS juga dengan antusiasnya mengikuti salah satu perlombaan yang diikuti oleh beberapa OPD dan tokoh masyarakat dan diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *