Pramuka

Belasan Anggota Pramuka MAN 2 Padang Dianugerahi Penghargaan Pramuka Garuda

Padang, PilarbangsaNews

Suasana haru dan bahagia menyelimuti belasan anggota Pramuka MAN 2 Padang pada saat Apel Besar Hari Pramuka Tahun 2023 tingkat Kota Padang. Pasalnya, pada kesempatan itu mereka dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda.

Pengukuhan dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Padang Hendri Septa sekaligus
Kamabicab kwartir Pramuka Kota Padang, Kamis (02/11/2023) di lapangan upacara Balai Kota, Aia Pacah, Kota Padang.

“Alhamdulillah bahagia sekali 16 anggota Pramuka MAN 2 Kota Padang dianugerahi piagam penghargaan Pramuka Garuda oleh Kwartir Nasional gerakan pramuka,” kata Nofri Yendri, pembina yang juga diamini Farid Aulia, pelatih Pramuka MAN 2 Padang.

Nofri Yendri mengatakan, anugerah Pramuka Garuda merupakan anggota Pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang tingkat kepramukaan. Baik siaga, penggalang, penegak dan pandega serta Pramuka berkebutuhan khusus.

Menurutnya, ke-16 siswa itu telah melalui uji kelayakan untuk dapat naik ketingkatan Pramuka Garuda. Uji kelayakannya meliputi syarat kecakapan umum maupun khusus. Mereka, kata Nofri Yendri sudah memenuhi kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan lainnya.

“Dari 20 orang yang mengikuti seleksi Pramuka Garuda, 16 orang anggota pramuka kita sukses dan berhasil bersaing dengan 250 peserta anggota Pramuka lainnya di Kota Padang,” ujar guru matematika ini.

Sementara itu kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi menyampaikan, dengan diraihnya kecakapan pramuka oleh siswanya hingga ke tingkat Pramuka Garuda merupakan capaian tertinggi dari seorang anggota Pramuka.

“Memang tidak mudah untuk mencapai Pramuka Garuda karena memerlukan ketelatenan dan keaktifan. Kita bangga dan bahagia gudep Pramuka MAN 2 Padang mendapat penghargaan itu,” katanya.

Akhri Meinhardi berharap, agar kecakapan pramuka yang sudah diraih dijadikan pedoman dan diimplementasikan untuk madrasah serta lingkungan tempat tinggal.

“Pramuka Garuda harus menjadi contoh bagi pramuka pramuka lainnya, untuk itu, walaupun sudah menjadi Pramuka Garuda, tetap berlatih dan disiplin sesuai dengan janji pramuka,” bebernya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *