Pasaman

Batang Panapa dan Paninggalan Meluap, Nagari Durian Tinggi Diterjang Banjir

Lubuk Sikaping PilarbangsaNews,

Intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan meluapnya sungai Batang Panapa dan Batang Paninggalan, sehingga banjir terjadi di Jorong Kampung Lua dan Tampang, Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, pada Sabtu (2/12/2023) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Pada pukul 07 WIB hari Minggu (3/12/2023), Bupati Pasaman Sabar AS bersama Dandim 0305 dan sejumlah Kepala OPD meninjau langsung, serta menginstruksikan OPD terkait untuk melakukan penanganan kondisi banjir yang melanda Panapa Lubuk Sikaping.

“Upaya gerak cepat wajib dilakukan untuk menyikapi banjir di Panapa Lubuk Sikaping ini. Kita langsung intruksikan OPD untuk penanganan segera atas musibah ini,” ungkap Sabar AS, Minggu (3/12/2023).

Bupati Pasaman Sabar AS menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan adalah evakuasi dan pembersihan material kayu dengan menggunakan alat berat agar air lancar dan genangan air kering.

Kedua, pembersihan lumpur di areal banjir termasuk rumah warga dengan alat Damkar dan bersama personil TNI-Polri, OPD terkait serta Kwarcab Pramuka, PMI dan masyarakat.

Ketiga, membuat Posko dan dapur umum untuk keperluan makan warga dan petugas. Keempat, melakukan pendataan korban bencana dan distribusi bantuan dari Pemda serta Baznas dan lainnya, dan kelima adalah kedepan berupaya untuk perbaikan jembatan. Keenam, upaya penghijauan di areal perbukitan untuk areal penyangga air.

Sejumlah daerah di Kabupaten Pasaman terjadi banjir karena curah hujan yang cukup tinggi. Bupati Pasaman Sabar AS memerintahkan seluruh jajaran waspada. Kemudian membersihkan pemukiman yang diterjang banjir, material lumpur dan sampah. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *