Agama

Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar, Temanya Pentingnya Menjaga Waktu

Padang, PilarbangsaNews

Wirid mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar pada hari Jum’at (26/1/2024) menampilkan Ustadz H. Maspek Bin Abas, M.Ag dengan tema tausyiah adalah “Pentingnya Waktu”.

Mengutip Al Qur’an surat Al-Asr Ayat 1-3 berkaitan dengan masa atau waktu, yaitu “Gunakanlah waktu sebaik mungkin karena waktu tidak akan kembali, maka selesaikanlah peluang, kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin”.

Menurut Maspek Bin Abas, terdapat empat macam waktu dalam kacamata Islam. Pertama Ajal, yaitu batas akhir usia manusia. Setiap jiwa telah ada batas ajal. Tidak ada kuasa kita memajukan dan memundurkan kematian karena sudah ada ketetapannya oleh Allah.

Muslim yang paling baik adalah yang baik akhlaknya. Muslim yang paling cerdas adalah yang mampu mempersiapkan diri untuk ajalnya dengan memperbanyak amal ibadah.

Kedua Waqt, yakni waktu batas beribadah, sholat, puasa, haji dan amalan lain yang telah di tetapkan waktu yaitu waktu sholat tepat waktu dan lakukanlah di mesjid dan secara berjamaah.

Ketiga Ad-Dahr, yaitu masa yang tidak dapat disebut, seperti alam yang sebelumnya tidak ada. Segala sesuatu pasti akan berubah-ubah, maka beramallah selagi ada masanya, karena kita tidak tahu perubahan apa yang akan kita alami selama hidup.

Keempat Asr, yaitu demi masa atau waktu, yang terdapat sumpah Allah terhadap waktu, dimana manusia itu berada dalam kerugian kecuali orang yang beriman kepada Allah.

Karena kita tidak tahu kapan ajal akan datang maka kerjakanlah segala pekerjaan yang baik agar saat ajal datang secara tiba-tiba, kita tetap meninggal dalam keadaan baik dan tidak merugi karena mati dalam keadaan beriman kepada Allah.

Ustad Maspek Bin Abas mengatakan, perbanyaklah membaca Al-Quran, perbanyak shalat malam, berdzikir, dan beramal baik agar menjadi bekal yang akan dibawa saat meninggal dan dapat membantu dalam kubur dan di akhirat kelak.

Kadis PMD Sumbar H. Amasrul yang hadir dalam Wirid Mingguan ini mengatakan bahwa apa yang disampaikan Ustadz Maspek Bin Abas agar menjadi perhatian dari seluruh ASN Dinas PMD dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebaik-baik manusia adalah yang memanfaatkan waktu dengan baik. Jangan menjadi manusia yang merugi karena melalaikan waktu,” kata Kadis Amasrul, SH., mantan Sekda Kota Padang.

ASN yang hadir dalam Wirid Mingguan ini 40 orang dari jumlah pegawai 49 orang. Sisanya izin, sakit dan dinas luar. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *