Polri

Wakapolri Komjen Syafruddin Diangkat Jadi Menpan RB, Lalu Siapa Penggantinya?

Jakarta: Komjen Syafruddin melepas jabatannya sebagai Wakapolri. Dia diangkat oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menpan RB) menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri lantaran Partai nya partai PAN tidak masuk dalam koalisi pendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

Lalu siapakah yang bakal menjabat Wakapolri?

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal menegaskan pengganti Komjen Syafruddin sebagai wakapolri hak prerogatif Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pengganti bisa berasal dari jenderal bintang dua atau bintang tiga.

“Jabatan wakapolri adalah murni hak prerogatif Pak Kapolri,” ujar Iqbal di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018.

Iqbal menambahkan pengganti Syafruddin bisa berasal dari jenderal bintang dua atau tiga. Sebab, jabatan perwira tinggi tidak lagi melihat bintang.

Yang terpenting, kata dia, jika dibutuhkan harus selalu siap. “Kalau sudah bintang itu adalah tidak mengikuti mekanisme yang ada kepangkatan. Kalau pamen (perwira menengah) dari komisaris polisi (kompol) ke komisaris besar (kombes) harus melewati tahapan-tahapan masa kepangkatan,” tukas Iqbal.
(REN/medcom.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *