PELALAWAN

Wisata Sejarah Taman Suaka Marga Satwa Kerumutan Mendadak Viral

Pelalawan – Keindahan alam yang mempesona di objek Wisata Taman Suaka Marga Satwa (TSMS) Kerumutan menjadi magnet bagi pengunjung.TSMS Kerumutan yang viral di media sosial dan kalangan masyarakat menjadi banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Para wisatawan yang berkunjung ke TSMS Kerumutan, akan diwajibkan mengisi buku tamu yang bertujuan untuk mengetahui banyak pengunjung perharinya.

Menurut informasi dilapangan pada Sabtu 6/7/2019, Jimmy Kodrat mengatakan, pengunjung TSMS kerumutan mencapai 500 orang perhari, dan terus meningkat setiap hari, pada libur akhir pekan jumlah pengunjung meningkat dua kali lipat dari hari biasa.
” Setiap hari ada peningkatan pengunjung, terlebih Sabtu dan Minggu, bisa mencapai dua kali lipat hari biasa,”.kata Jimmy.

Objek Wisata TSMS Kerumutan, terletak di Desa Kopau Kecamatan Kerumutan Pelalawan, untuk mencapai lokasi hanya butuh waktu sekitar setengah jam dari pusat Pemerintahan Kecamatan.

TSMS Kerumutan menyajikan wisata sejarah disungai kopau, pengunjung akan menikmati indahnya Kualo mobau, Kualo tasik, Tasik patoluan, Rasau kelambu, Lubuk gelang, Telangasan dan Lapangan datuk tangan pendek dengan menggunakan sarana yang telah disediakan pengelola berupa perahu motor.

Tidak hanya itu TSMS Kerumutan menyediakan spot fhoto yang tak kalah menarik, dengan perpaduan konsep alami dan modern di antaranya adalah Padang mencono, Terowongan mencono, Rawa mencono, Rumah pohon, Spot pohon dan masih banyak lagi.

Menurut Yulia Angraini (21) salah satu pengunjung yang berasal dari Indra Giri Hulu (Inhu), saat diminta komentarnya mengatakan, objek wisata TSMS Kerumutan sangat bagus, membuatnya sangat tertarik dan merasa tertantang untuk menyusuri sungai Kopau yang sarat dengan budaya.
“Objek wisatanya bagus, kelestariannya terjaga, suasananya masih alami, saya tertarik dan merasa tertantang untuk menyusuri aliran sungai kopau,”, Ungkapnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rizal Sugandi, berharap TSMS Kerumutan menjadi salah Ekowisata Populer di Indonesia.

Rizal juga memapar akan membenahi dan menata objek wisata TSMS Kerumutan agar lebih baik lagi, secara bertahap dan kegotongroyongan pengembangan akan terus dilakukan, mulai dari Padang Mancono, terus akan dilanjut disepanjang pinggiran sungai Kerumutan, terutama di daerah Kualo Mobau.
“Dengan semangat gotong royong kami akan melakukan pembenahan sekaligus pengembangan, saya menilai tempat ini mempunyai potensi besar untuk maju,” .Tutup Rizal dengan semangat.(jon/CAA )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *