.

Survei Indikator Politik, Darman Sahladi Ungguli Irfendi

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia, melakukan survei tentang peluang menang calon-calon Bupati Limapuluh Kota pada 1 sampai 7 Februari 2020. Hasil survei tersebut, anggota DPRD Sumbar Darman Sahladi, paling tinggi dukungannya dari calon-calon lainnya. Termasuk dari incumbent Irfendi Arbi dan wakil bupati incumbent Ferizal Ridwan.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Hendro Prasetyo,Ph.D, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Minggu (15/3), mengatakan, penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini, jumlah sampel sebanyak 500 orang dengan margin of error (MoE) sekitar lebih kurang 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hendro Prasetyo yang alumni McGill University Kanada ini memaparkan, berdasarkan hasil survei terdapat dua temuan. Pertama, popularitas merupakan hal mendasar dalam politik elektoral. Tidak mungkin dipilih jika tidak dikenal. Namun, populer juga belum tentu dipilih jika ada calon lain yang yang lebih disukai.

Temuan survei Indikator, bupati petahana Irfendi Arbi memiliki tingkat popularitas paling tinggi (85,4 %). Kemudian, wakil bupati petahana Ferizal Ridwan (56,7 %) dan Darman Sahladi (50 %). Sementara, nama-nama lain dibawah 50 %. Diantara calon-calon terpopuler itu, Darman Sahladi disukai oleh 56 % dari yang mengenalnya. Kemudian, Irfendi Arbi 47,5% dan Ferizal Ridwan disukai oleh 42,9 % dari yang mengenalnya.

Suara Darman Sahladi tampak meningkat signifikan di kalangan responden yang tahu/kenal nama yang disimulasikan. Artinya, dengan asumsi linear, Darman Sahladi mendapat efek popularitas paling besar.

Jika Pilkada diadakan ketika survei dilakukan, secara spontan Darman Sahladi paling tinggi dukungannya (9,4 %). Kemudian, Irfendi Arbi (5,9 %), Rizki Kurniawan (5,5 %), dan nama lain, lebih sedikit, di bawah 5 %. Sementara, kebanyakan belum menyebutkan nama 62,5 %.

Berdasarkan simulasi daftar 25 nama kandidat bupati yang dilakukan dengan metode semi terbuka, Darman Sahladi paling tinggi dukungannya yaitu mencapai 20 %. Kemudian, Irfendi Arbi 14 %, Rizki Kurniawan 7 %, Ferizal Ridwan 7 % dan Maskar Musdar Dt Pobo 5,9 %. Nama lain, lebih sedikit yaitu di bawah 5 %. Sementara responden yang belum menyebutkan nama 16,3 %.

Selain melakukan simulasi daftar 25 nama semi terbuka, tim Indikator Politik Indonesia juga melakukan simulasi tertutup terhadap responden, dengan menyodorkan 8 nama hingga 2 nama. Berdasarkan simulasi tertutup ini, Darman Sahladi unggul dengan dukungan berkisar 25-36 %, tergantung jumlah dan nama yang dikombinasikan.

Sementara itu, Darman Sahladi yang dikonfirmasi mengaku sudah mengetahui hasil survei Indikator Politik Indonesia ini. “Kita tahu Indikator adalah lembaga survei yang berpengalaman, kredibel dan independen. Hasil survei ini makin memacu kami bekerja politik keras lagi,” kata Darman Sahladi.

Putra Kecamatan Kapur IX ini berpengalaman di pemerintahan karena sudah lima periode menjadi anggota DPRD yaitu 3 periode di DPRD Kabupaten dan 2 periode di DPRD Provinsi. Hasil survei ini makin memantapkan langkahnya untuk maju dalam Pilkada Limapuluh Kota 2020. “Saya semakin mantap untuk maju dalam Pilkada. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat,” kata Darman Sahladi. (rel/gk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *