Covid 19

Sekjen Pusat Apresiasi Ansor Sumbar Harlah Ditengah Wabah Covid-19

Padang, PilarbangsaNews

Momen Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-86 Tahun Gerakan Pemuda Ansor walau di tengah wabah pandemi Covid-19, tidak mengurangi maknanya dalam melakukan aktifitas organisasi. Momen ini menjadi jembatan silaturrahmi, baik di kalangan Ansor sendiri, maupun dengan Pengurus PWNU Sumbar dan pimpinan organisasi kepemudaan di luar Ansor. Selain itu, Harlah ini kembali menegaskan komitmen perjuangan Ansor dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian diungkapkan Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Sumatera Barat Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman pada Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-86 Tahun Gerakan Pemuda Ansor yang digelar, Selasa (28/4/2020) malam. Peringatan Harlah dengan menggunakan media daring zoom meeting diikuti jajaran pengurus PW GP Ansor Sumbar, testimoni, saran dan nasehat dari Rais Suriah PWNU Sumbar H. Hendri, M.Ag, Ketua Tanfidziah PWNU Sumbar Prof. H. Ganefri, PhD, Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumbar Dr. Ahmad Wira, Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Adung A. Rochman, mantan Ketua PW GP Ansor Sumbar Intan Rusli, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar Deri Rizal Bendang, Ketua PC GP Ansor se-Sumatra Barat. Juga diikuti Ketua Banom NU dan penulis muda NU Sumatra Barat Armaidi Tanjung.

Menurut Rahmat, melalui Harlah ini dengan hadirnya sejumlah senior Ansor yang pernah aktif di organisasi pengkaderan Ansor kembali mengajak untuk berkhidmat. Karena Ansor adalah masa depan NU, dan masa depan NU adalah Ansor, maka senior Ansor mari kembali berkhidmat melalui organisasi Nahdlatul Ulama.

Meski PW NU Sumbar baru saja selesai melantik kepengurusan baru, namun masih banyak lembaga-lembaga yang harus diisi dan digerakkan. “Karena itu, melalui momen Harlah ini kami mengajak senior Ansor memperkuat NU Sumbar ke depan. Dalam forum ini hadir dan didengar langsung Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah PWNU Sumbar untuk bisa memfasilitasinya,” kata Rahmat, alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan ini.

Dikatakan Rahmat, terkait dengan kondisi wabah covid-19 yang dialami negeri ini, Ansor Sumbar sudah melakukan berbagai kegiatan seperti pembentukan Satgas Gugus Tugas Covid-19, penyemprotan disinfektan, pembagian masker kepada kader dan masyarakat. Selain itu juga pencerahan keagamaan kepada masyarakat agar selalu tenang, sabar dan mematuhi himbauan ulama dan pemerintah.

Ansor Sumbar juga melakukan doa bersama agar terhindar dari wabah Covid-19 dan segera berakhir di negeri ini. “Doa bersama ini dimaksudkan untuk mengetuk pintu langit memohon kepada Allah Swt. agar kita terhindar dari wabah Covid-19 dan segera berakhir. Doa ini upaya mencegah penyebaran covid-19 dari aspek spiritual. Sedangkan aspek medis dan upaya lainnya juga dilakukan oleh berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun swasta,” tutur Rahmat.

Harlah dengan tema “Bersatu Menggerakan Harapan dan Solidaritas Kemanusian”, juga diapresisasi Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Adung A. Rochman. Dikatakan, apa yang dilakukan Ansor Sumbar ini patut diapresiasi. Di tengah wabah covid-19, Harlah tetap berlangsung sukses sesuai prosedur PSBB yang sudah ditetapkan pemerintah. “Ini menunjukkan komitmen keorganisasian dan pergerakannya tidak pernah kendur sekalipun ada larangan berkumpul. Kegiatan penguatan organisasi tetap berjalan,” kata Adung menambahkan.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar Deri Rizal mengatakan, apa yang dilakukan Ansor Sumbar ini semakin menyakinkan terhadap komitmen kebangsaannya. “Memang komitmen kebangsaan Ansor terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak perlu diragukan lagi. Dengan memberi ruang kepada kami (Pemuda Muhammadiyah) pada Harlah ini menunjukkan sinergi dan kolaborasi yang dibangun Ansor terus dibangunnya. Mudah-mudahan senantiasi sinergi dan kolaborasi ini terus dibangun,“ kata Deri.

Peringatan Harlah Ansor ini ditutup dengan do’a yang dipimpin Buya Zainal. (rel/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *