.

Indra Catri; Tak Boleh Saling Menyalahkan, Siaga Lawan Corona!

Agam, PilarbangsaNews

Pasca terpaparnya 9 warga Kab. Agam positif Covid-19, Bupati Agam DR. Ir. Indra Catri, MSP meminta seluruh masyarakat Agam untuk siaga penuh. Tidak perlu saling menyalahkan, tetapi harus bersatu padu melawan Covid-19.

Menurut bupati yang murah senyum ini, Covid-19 sudah benar-benar masuk ke Kabupaten Agam, maka mari patuhi aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19).

“Tidak boleh ada yang merasa hebat, atau sok paten bisa melawan Covid-19, obatnya tidak mahal-mahal amat hanya jaga jarak, tidak berkerumun, selalu cuci tangan dan gunakan masker, mari kita perangi Covid-19 ini bersama,” kata Indra Catri di sela-sela Tim 1 Monitoring Ramadhan 1441 H di Kecamatan Banuhampu, Rabu (6/5).

Menurut Indra Catri, berdasarkan penelusuran Tim Gugus Tugas Covid-19, penularan yang ada sekarang adalah transmisi lokal. Artinya antar masyarakat sendiri di daerah. “Menghadapi transmisi lokal maka kita sudah berurusan dengan budaya dan kebiasaan masyarakat. Maka semua perilaku dan kebiasaan yang menyebabkan transmisi perlu ditinggalkan dan digantikan perilaku sesuai tuntutan protokol kesehatan menghadapi Covid-19,” kata Datuak Malako Nan Putiah ini.

Karena itu, dalam perpanjangan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Sumbar, termasuk Kab. Agam, maka peran tokoh adat dan ulama menjadi sangat penting menegakkan aturan-aturan PSBB itu. “Saya sangat berharap semua Wali Nagari merangkul tokoh adat, para penghulu dan ulama untuk mengambil peran dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19. Tidak bisa kita serahkan peran ini kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 saja sebab ini adalah merubah perilaku dan kebiasaan,” ujar Bupati Agam Indra Catri panjang lebar.

Momentum Tim Monitoring Ramadhan 1441 H ini, Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda turun ke semua kecamatan di Kab. Agam melakukan sosialisasi PSBB ini. Tim 1 yang dipimpin Bupati Indra Catri beranggotakan Kakan Kemenag Agam Edi Oktafiendi, Kepala Bappeda Welfizar, Kadistan Arief Restu, Kadis PUTR Hamdi dan Kadis Parpora Syatria. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *