.

Idul Adha, Mesjid Raya Sungai Pasak Himpun Infak Rp15 Juta

Pariaman, PilarbangsaNews

Sholat Idul Adha 1441 H di masa new normal berlangsung di Mesjid Raya Desa Sungai Pasak, Kota Pariaman, pada Jum’at 31 Juli 2020 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1441 H.

Meski masa new normal, tidak menyurutkan tekad dan langkah masyarakat Sungai Pasak Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, menuju Mesjid Raya Sungai Pasak untuk menunaikan solat Idhul Adha tahun ini.

Biasanya, ketika hari tidak hujan maka pekarangan mesjid dimanfaatkan untuk sholat. Tapi karena hujan turun maka bangunan mesjid yang luasnya 25×25 meter tersebut penuh sesak. Ruang dalam dimanfaatkan maksimal.

Khatib Drs. Syiril Firdaus, M.Ag dalam khotbahnya menjelaskan tentang bagaimana hakekat dari berkurban di bulan Dzulhijjah ini. Betapa pentingnya berkurban itu, kata Nabi ada ummat Islam yang sudah pantas dan wajib berkurban tetapi tidak berkurban, maka dikatakan nabi itu tidak menjadi ummatnya.

Khatib Idul Adha yang juga guru MAN 5 Padang itu menghimbau agar kita ummat Islam terutama jemaah Idul Adha ini dapat mengamalkan benar-benar ajakan nabi untuk berkurban ini. Tidak banyak ummat sekarang yang mau berkurban secara ikhlas saat ini. Kalaulah ibadah ini dijalankan dengan benar-benar maka pasti kesejahteraan masyarakat cepat tercapainya.

Sebelum sholat, Kepala Desa Sungai Pasak Harlis menyatakan sepakat dengan kelanjutan pembangunan mesjid dan mengajak masyarakat meningkatkan partisipasinya. Juga mengumumkan jumlah sapi kurban tahun ini sebanyak 14 ekor sapi.

Juga dikumpulkan wakaf, sedekah dan infak dari jemaah pada pagi harinya mencapai Rp15 juta lebih.

Ketua Pembangunan Mesjid Raya Sungai Pasak, Irvan Khairul Ananda, SE.,M.Si mengatakan, pengurus bersama ninik mamak mengucapkan terima kasih atas sumbangan kepada semua jemaah, warga masyarakat, dan istimewa para orang sumando baik laki-laki maupun perempuan serta warga desa tetangga. (ning)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *