Solok Kabupaten

5 Kecamatan Terendam Banjir di Kabupaten Solok, Ratusan Rumah Terendam Air Luapan Batang Lembang

Kab Solok, PilarbangsaNews

Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Solok secara umum, menyebabkan bajir merendam ratusan rumah. Derasnya hujan turun sejak siang hingga subuh dini hari tak mampu tertampung sungai Batang Lembang, yang kedalamannya kian dangkal.

Data sementara dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, sebanyak 5 (lima) wilayah Kecamatan dan 800 kepala keluarga sudah terdampak dari banjir tersebut.

” Ya, saat ini kita baru mendapatkan data sementara dari petugas di lapangan, itu baru data sementara dan baru satu wilayah, ” Ujar Badriansyah, kasi Logistik BPBD Kabupaten Solok.

Saat ini katanya, pihak BPBD tengah mempercepat upaya suplai makanan dan upaya evakuasi bagi masyarakat yang membutuhkan evakuasi.

Sementara itu dari pantauan di lapangan, sejumlah masyarakat menyebutkan debit air mulai meninggi sejak malam sekira pukul 01.30 dini hari.

Warga menyebutkan sempat panik karena air tiba-tiba langsung mengalir deras dari bantaran Batang Lembang. ” Kami sangat terkejut, di tengah gelap akibat listrik mati, kami sekeluarga berupaya menyelamatkan diri, ” Sebut Fery.

Kepala BPBD Kabupaten Solok, Armen menyebutkan sebanyak 5 (lima) Kecamatan terdampak oleh hujan lebat kemarin. Diantaranya Kecamatan Kubung, Bukit Sundi, Lembang Jaya, Hiliran Gumanti dan Payung Sekaki.

” Kita saat ini memprioritaskan upaya evakuasi dan suplai makanan bagi masyarakat yang terdampak. Dan bantuan dari pihak BPBD Provinsi Sumbar juga telah memberikan bantuan, ” Jelas Armen.

Adapun kata Armen, selain banjir juga ada titik longsor dan jembatan putus yang saat ini sedang didata oleh petugas di lapangan. (ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *