.

Terbukti Bakar Hutan dan Ilegal Logging, Kapolres Pessel Akan Tindak Tegas

Pesisir Selatan, PilarbangsaNews

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK akan menindaklanjuti arahan dan instruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

Kepada media, Selasa (23/2) dalam pelaksanaan penegakan hukum di wilayah hukum Polres Pessel, Kapolres Pesisir Selatan tetap mengedepankan preemtif, preventif dan penegakan hukum. Serta melaksanakan koordinasi dengan elemen masyarakat, TNI dan unsur pemerintah, seperti Tagana, BPBD, dan Damkar.

“Saya tegaskan, tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan Ilegal logging serta pembakaran hutan di wilayah hukum Pesisir Selatan. Kita akan tindak tegas,” ujar Sri Wibowo.

Banyak dampak yang bisa terjadi dari ilegal logging yaitu, banjir dan tanah longsor termasuk juga menggangu habitat satwa yang ada di dalam hutan itu sendiri.

Sementara itu, perambahan hutan dengan cara membakar hutan juga bisa memberikan dampak pada kesehatan warga, akibat asap ditimbulkan dari pembakaran hutan ataupun lahan.

“Jika terbukti ada warga sengaja membakar hutan ataupun melakukan ilegal logging kita akan tindak tegas (proses hukum),” kata Kapolres.

Lebih lanjut kata Kapolres, perlu ada kerjasama semua pihak untuk ikut berperan dalam menjaga alam. Apabila menemukan atau mengetahui aktifitas ilegal logging ataupun perambahan hutan, bisa menginformasikan pada Polres Pessel, serta jajaran Polsek – Polsek.

Jajaran Polsek agar tetap melakukan kegiatan patroli rutin di wilayah hukumnya masing – masing, untuk meminimalisir Ilegal logging, kebakaran hutan, termasuk bencana alam.

Lebih jauh Kapolres Pessel akan melaksanakan instruksi dan arahan dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam hal pencegahan ilegal logging, kebakaran hutan, dan bencana alam. (ori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *