Pessel

Ratusan Mahasiswa dan Masyarakat Pessel Unjuk Rasa Tuntut Berhentikan Rusma Yul Anwar Jadi Bupati

Padang, PilarbangsaNews.com, —

Ratusan massa yang terdiri dari Mahasiswa dan bebarapa orang masyarakat yang berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan dan menamakan diri mereka sebagai Aliansi Masyarakat Pesisir Selatan, pagi ini Senin (15/3/2021) melakukan unjuk rasa damai, mendesak Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharulla mengusulkan ke Mendagri untuk segera memberhentikan Rusma Yul Anwar sebagai bupati Pesisir Selatan.

Pemberhentian Rusma Yul Anwar sebagai bupati Pesisir Selatan sesuai dengan  UU No 10 Th 2016 pasal 164 ayat 8. Setelah yang bersangkutan ditolak kasasinya dalam kasus hutan Mangrove di Mandeh Tarusan.

Dengan ditolaknya kasasi  Rusma Yul Anwar, hukuman yang berlaku terhadap yang bersangkutan adalah Putusan Pengadilan Tinggi Sumbar yang memperkuat putusan Pangadilan Negeri Padang. Rusma Yul Anwar dalam putusan itu divonis 1 tahun penjara dan denda Rp1 Miliar jika tidak dibayar di ganti dengan hukuman  3 bulan penjara.

Koordinator aksi Hamzah Jamaris kepada PilarbangsaNews.com mengatakan unjuk rasa itu kami lakukan adalah untuk menghormati dan menegakkan Hukum sebagai panglima dalam bermasyarakat dan bernagara.

Sebagai  putra daerah, kami mahasiswa sudah jenuh melihat warga net saling hujat akibat  adanya pro dan kontra terhadap putusan MA yang menolak kasasi terdakwa Rusma Yul Anwar.

“Anehnya urang kampung kami  bikin petisi kumpulkan tandatangan menolak keputusan MA.  Masa putusan hukum MA ditolok dengan petisi. Memalukan.. Kalau sudah ada kepastian hukum jalani saja. Jika masih belum puas terhadap keputusan  MA kan ada upaya luar biasa yaitu PK, ” tambah Hamzah

Lebih lanjut Hamzah mengatakan, setelah dia dan teman-temannya tau mana yg benar, mana yang salah, akhirnya mereka merencanakan aksi ini, untuk mengakhiri  gonjang ganjing terhadap status terpidananya Rusma Yul Anwar, agar Jaksa juga harus secapatnya melakukannya eksekusi terhadap terdakwa.

Baca juga;

Unjuk Rasa Minta Bupati Pesisir Selatan Dicopot Berlangsung Aman dan Tertib

Menurut, Hamzah, dia dan teman-temannya  mengadakan aksi ini telah melaporkan ke Polresta Padang, pada hari Jumat lalu.

Aksi dimulai pukul 9:00 WIB dari titik kumpul di kampus  Pasca Sarjana UIN Padang, Jalan Sudirman Padang mereka long march  ke kantor Gubernur Sumbar

Menurut Hamzah, massa baru menghentikan aksi mereka apabila Gubernur Sumbar berkenan menerima dan berjanji menyalurkan petisi mereka ke Mendagri.

“Selain ke kantor Gubenur massa juga akan mendatangi   PN Padang. Jika hasilnya tak memuaskan,  mungkin kami akan siap melakukan aksi ke Kajari Pessel di Painan, ” kata Hamzah Jamaris mengakhiri. ( ****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *