.

Nurlis Dengan Dua Anak ODGJ di Parit Rantang Dibantu Indo Jalito dan Pertap

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Ibu-ibu perantau Minang di ibukota kembali pulang kampuang ke Ranah Minang dengan kepeduliannya. Kali ini mereka ke Kota Payakumbuh. Indo Jalito Peduli yang diketuai Astri Asgani ini sengaja datang ke rumah Rifdi Yosanmanta atau Arif (38 tahun) di Padang Palasan, Kelurahan Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur melihat hasil dari bantuan rehab rumah yang mereka bantu sebelumnya, Sabtu (27/3).

Kedatangan ibu-ibu Indo Jalito Peduli didampingi Wakil Ketua Persatuan Tali Asih Payakumbuh (Pertap) Seprianto dan anggota. Selanjutnya, Rombongan Indo Jalito Peduli mendatangi rumah Nurlis (78), warga
RT 05/RW 04 Kelurahan Parik Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Nurlis hidup dengan kondisi rumah papan, wanita lansia yang tinggal bersama dua orang anaknya yang orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), sangat memprihatinkan. Bisa dikatakan tidak layak. Dindingnya papan yang sdah lapuk dimakan rayap.

“Kalau kita disebut rumah, mngkin bisa jadi tidak, karena tak ada pondasi sama sekali, sampai sampai ibu Astri Asgani bserta kawan-kawan tak kuasa menahan tangis melihat kondisi nenek Nurlis yang terbaring lemas di tengah rumah yang tidak layak huni,” kata Seprianto kepada media.

Sementara itu, Fitria Gusneli salah satu PSM di Parik Rantang menerangkan, rumah Nurlis ini termasuk dalam data rumah yang tidak layak huni di Payakumbuh, sebelumnya telah diusulkan untuk rehab rumah, tapi syarat untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah adalah harus ada kejelasan kepemilikan tanah, sementara pemilik tanah tempat Nurlis tinggal tidak mengizinkan.

“Kami dan pihak kelurahan akhirnya menyalurkan apapun bentuk bantuan dari pemerintah, selalu diarahkan kesana, ditambah bantuan lain dari Baznas, Polres, ataupun dari para dermawan yang mau mnyumbang. Kalau bntuan uang tunai dan modal usaha, kita tidak bisa berikan karena tidak ada yang produktif di keluarga ini,” ungkap Fitria.

Nurlis termasuk warga yang beruntung, karena Ibu-ibu Indo Jalito berjanji akan memberi bantuan stimulan untuk merehab rumah Nurlis.

Seprianto Wakil Ketua Pertap mengaku bersyukur dan menyampaikan apresiasi kepada Indo Jalito Peduli yang datang memberi bantuan kepada penerima manfaat yang benar-benar orang yang tepat.

“Memang kondisi warga ini sangat memprihatinkan. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian Indo Jalito Peduli, kami berharap kalau ibu-ibu Indo Jalito Peduli untuk balik lagi memberi bantuan semoga tetap bisa bersinergi dalm kegiatan sosial kedepannya,” kata Seprianto. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *