.

Pemda Tanah Datar Gelar Bimtek Penyusunan Indikator Kinerja

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Untuk meningkatkan kualitas perencanaan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengadakan pedoman teknis penyusunan indikator kinerja dan kinerja secara cascading

Dalam rangka peningkatan kualitas perencanaan sebagai bagian dari pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Pemkab Tanah Datar mengadakan Bimtek Penyusunan Indikator Kinerja dan Kinerja secara cascading yang dibuka oleh Plh Sekretaris Daerah Edi Susanto.

Ketua Panitia Pelaksana Adriyanti Rustam yang juga Kabag Organisasi Sekretariat Daerah dalam laporannya mengatakan bimbingan teknis dilakukan secara tatap muka dan virtual. Bimtek diikuti staf ahli, asisten, pimpinan OPD selain Camat dan Ketua Forum Camat dan tim SAKIP Tanah Datar.

Adriyanti menyebutkan Bimtek teknologi mengusulkan pembicara virtual Ronald Andrea Annas yang menjabat sebagai Asisten Deputi Implementasi Kebijakan dan Evaluasi Kebijakan Kemenpan RB.

“Pedoman teknis SAKIP ini juga sebagai bentuk untuk menindaklanjuti rekomendasi penilaian SAKIP Kemenpan RB 2020. Salah satunya adalah tujuan dan sasaran strategis yang tertuang dalam dokumen perencanaan pemerintah daerah, dan OPD belum sepenuhnya menjawab pertanyaan yang dihadapi strategi,” ucap Adriyanti.

Hal senada disampaikan Bupati Tanah Datar melalui Plh. Sekda Edi Susanto yang mengatakan isu strategis yang dihadapi adalah tidak dilengkapi dengan indikator kinerja yang bijak, sehingga rencana dan kegiatan yang telah disusun bukanlah pilihan terbaik dalam menangani permasalahan masyarakat.

Saran lain dari Kemenpan RB adalah tidak ada hubungan lintas fungsi yang jelas antar OPD untuk mendukung kinerja utama kepala daerah secara keseluruhan, sehingga OPD dituntut untuk berperan aktif dalam pengambilan keputusan strategis.

Edi menambahkan, hasil asesmen SAKIP yang diberikan Kemenpan RB menggambarkan bagaimana pimpinan OPD dan OPD dapat mendukung kerja pencapaian visi, misi, dan tujuan pimpinan daerah.

Plh Sekda Edi Susanto mengatakan, Bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapabilitas dan membina SDM yang lebih baik sebagai perpanjangan tangan kepala daerah untuk mencapai visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Tanah Datar 2021-2026.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Staf Ahli Bupati Ekobang Nusyirwan, Asisten Umum Helfy Rahmi Harun, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *