Pendidikan

Target Nasional, 6 Siswa MAN 2 Padang Ikut Ajang KSM Tahun 2021

Padang, PilarbangsaNews

Enam orang siswa MAN 2 Kota Padang mengikuti ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MA tingkat Kota Padang bertempat di labor bahasa MAN 2 Kota Padang, Sabtu, (21/08). Keenamnya akan bersaing dengan 41 utusan siswa Madrasah Aliyah se Kota Padang.

Keenam orang siswa MAN 2 Kota Padang yang jadi peserta KSM adalah Ipak Mufidah XII IPA 4 mata pelajaran Biologi, M. Satria Aldi XII IPS 3 mata pelajaran Ekonomi, M.Arif XII IPA 4 mata pelajaran Fisika, Alfito Harisman XII IPS 3 mata pelajaran Geografi, M. Asyraf Sarigo XII IPA 4 mata pelajaran Kimia dan M. Zikri Amri kelas XII IPA 6 mata pelajaran Matematika.

Nampak hadir dalam kegiatan KSM tersebut Kankemenag Kota Padang H. Edy Oktafiandi, Kasi Penmad Arif Junaidi, pengawas madrasah, seluruh kepala madrasah baik MA, MTs dan MI, para pembina dan peserta KSM tahun 2021 tingkat Kota Padang.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang menjadi agenda resmi Kementerian Agama yang digelar rutin setiap tahun serta menjadi ajang bergengsi bagi madrasah, baik negeri maupun swasta dalam berbagai tingkatan untuk menguji kemampuan bidang sains siswanya.

“Kegiatan KSM 2021 sudah dimulai dengan uji coba, walaupun sedikit ada kendala tapi Alhamdulillah bisa teratasi. Hari ini kita mulai ujian KSM dengan jumlah peserta 119 orang terdiri dari MA 41 orang siswa, MTs 57 dan MI 21 orang siswa,” kata Kasi Penmad Kota Padang Arif Junaidi mengawali laporannya.

“Semua madrasah mengikuti, tentu dengan harapan untuk tahun ini kita bisa berbicara di tingkat nasional, terimakasih kepada bapak/ ibu guru yang telah bersusah payah mendidik siswa, atas nama kasi kami minta maaf (dalam penyelenggaran) kalau ada kekurangan,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa semua madrasah baik negeri maupun swasta ikut serta dalam ajang bergengsi yang diadakan satu kali dalam satu tahun ini.

Sementara itu Kankemenag Kota Padang mengatakan bahwa KSM merupakan ajang bergengsi bagi siswa madrasah, yang nilainya sama dengan KSN.

“KSM ajang kompetisi bagi siswa madrasah se Indonesia, nilainya sama dengan KSN. Di tingkat daerah dan nasional kita berpisah pelaksanaanya, namun di tingkat internasional kita sama. Tidak sedikit siswa madrasah mewakili kompetisi ini di tingkat internasional, ini menandakan bahwa siswa madrasah hebat bisa bersaing dengan sekolah lainnya,” ungkap Kakankemenag kota Padang H. Edy Oktafiandi di hadapan Kepala Madrasah, pembina dan peserta KSM.

Kakankemenag juga memotivasi para peserta KSM agar bersungguh-sungguh dalam menjawab setiap pertanyaan, sehingga bisa berhasil pada tingkat nasional. “Hari ini kita KSM seleksi tingkat Kota Padang untuk menjadi tingkat nasional, itu motivasi kita agar menjadi orang hebat. Kalau sudah nasional target kita, maka Provinsi akan mengikuti, hal itu bukan sesuatu yang mustahil kalau kita mempunyai target seperti itu,” ujar mantan Kankemenag Agam ini memberi motivasi kepada peserta.

Ditambahkan Edy Oktafiandi, bahwa pemilihan MAN 2 Kota Padang sebagai pusat pelaksanaan KSM untuk tingkat kota Padang adalah dikarenakan madrasah ini mempunyai kesiapan, baik dari segi sarana maupun dari SDMnya.

“Tentu kita melihat bahwa kegiatan ini hal yang sangat strategis, oleh karena itu kita harus mempersiapkan segala pendukung dan sarana prasarana yang membuat kelancaran acara tersebut. Salah satu pilihan kita adalah MAN 2 Kota Padang dari segi letaknya di pusat perkotaan, apalagi dari prasarana yang lebih dari cukup sehingga mampu mendukung di tingkat kota Padang ini,” ujar Edy Oktafiandi.

Lebih lanjut Kakan Kemenag ini mengatakan bahwa kegigihan dan keuletan serta kemampuan MAN 2 Kota Padang dalam mengelola serta menyiapkan event ini betul- betul mempunyai aura dan semangat yang luar biasa.

“Aura dan semangat MAN 2 Kota Padang ini yang kita lihat memang betul- betul memberikan nuansa bagi setiap siswa kita berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional nantinya,” ungkap Edy Oktafiandi memberikan semangat.

Sebagai orang yang beriman kata Edy Oktafiandi, segala usaha dan ikhtiar telah kita lakukan dalam upaya meraih prestasi pada ajang KSM tahun 2021, tentu semuanya tergantung kepada Allah SWT sebagai pemegang kekuasaan dalam menentukan segalanya.

“Niatkan ini untuk bagaimana Allah ridho, Allah suka dengan orang-orang yang manuntut ilmu, mari sama-sama kita berserah diri kepada Allah SWT,” tutup Edy Oktafiandi mengakhiri arahannya.

Kepala MAN 2 kota Padang H. Akhri Meinhardi mengatakan dengan persiapan yang di lakukan secara matang, kepala madrasah merasa optimis bahwa siswa kita akan mampu bersaing dengan dengan peserta lainnya.

“Insya Allah kita optimis dengan target nasional, karena anak yang kita pilih adalah siswa yang mempunyai kelebihan di bidangnya,” ucap Akhri Meinhardi penuh optimistis.

Keyakinan itu tertanam dalam hati, kata kepala madrasah karena persiapan- persiapan yang di lakukan pada saat ini berbeda dari persiapan KSM sebelumnya.

“Sekarang cara pengemasan berbeda, anak-anak di inapkan di asrama sehingga terjadi chemistry antara pembina dengan siswa binaannya,” tutur Akhri Meinhardi.

Lebih lanjut Akhri Meinhardi menambahkan, sebagai ketua FKKM akan mendukung penuh siapapun dan dari madrasah manapun yang akan mewakili kota Padang pada ajang KSM untuk tahap berikutnya.

“Sebagai ketua FKKM, siapa pun yang menang akan kita dukung, kita tidak bersaing, siapapun yang menang, target kita adalah bagaimana kota Padang meraih prestasi di tingkat nasional,” pungkas Akhri Meinhardi penuh semangat. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *