Tanah Datar

FGD Menyusun Road Map Menciptakan 1.000 Lapangan Kerja Baru

Tanah Datar, PilarbangsaNews

FGD digelar untuk menyusun roadmap penciptaan 1.000 wirausahawan dan lapangan kerja baru. Untuk mensukseskan Program Unggulan (Progul) menciptakan 1.000 wirausahawan dan lapangan kerja baru di Tanah Datar, Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian hadir Senin (23/8/2021) di Indo Jolito Batusangkar.

Dalam kesempatan itu Bupati Eka Putra mengatakan, Progul diluncurkan karena saat mengunjungi berbagai wilayah Tanah Datar saat mencalonkan menjadi Bupati Tanah Datar, salah satu hal yang paling diinginkan masyarakat adalah pekerjaan baru.

“Di luar ekspektasi masyarakat, saya dan Wakil Bupati sepakat menjadikan Progul ini sebagai proyek pertama yang ingin kami capai. Itu karena pada kunjungan pertama, banyak pengangguran di Tanah Datar yang tergolong pengangguran kategori intelektual,” ujarnya.

Bupati menegaskan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan rencana tersebut, yang terpenting sudah masuk dalam RPJMD Tanah Datar 2021-2026.

“Setelah menjabat, saya bertemu dengan anak-anak muda kreatif, dan ternyata banyak yang mereka lakukan. Ada yang bergerak di bidang pengelolaan lahan tak terpakai, pariwisata, e-commerce, pengembangan aplikasi, pertanian, dll. Kita punya tanggung jawab merangkul semua. dari mereka,” katanya.

Eka kembali menyebutkan bahwa menjangkau kaum muda dapat dilakukan dengan memberikan kemudahan perizinan, kemudahan akses dana, dan kesempatan untuk membuktikan diri dan merangkul orang-orang di sekitar mereka. “Selain anak muda yang kreatif, BumNag juga harus bisa mendukung pemulihan ekonomi nagari dan menciptakan lapangan kerja. Kemudian di bidang pertanian, mari kita bina petani muda modern di Tanah Datar,” kata Eka.

Kemudian Bupati Eka Putra berharap roadmap yang direncanakan FGD ini akan menciptakan 1.000 wirausahawan dan lapangan pekerjaan baru, yang dapat merangkum langkah-langkah operasional dan menjadi pedoman bagi pemangku kepentingan terkait.

“Ke depan, hasil penelitian ini akan menjadi dasar Peraturan Bupati dalam rencana tersebut. Oleh karena itu, FGD merupakan peluang strategis untuk membuka wawasan dan membangun komitmen di semua tingkatan dalam realisasi rencana tersebut,” kata Eka.

Sementara itu, Kepala Baperlitbang Tanah Datar Alfian Jamrah mengungkapkan, setelah penyusunan RPJMD Tanah Datar 2021-2026, Progul penciptaan 1.000 wira usaha dan lapangan kerja baru mungkin menjadi prosedur dasar untuk mendukung kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut. .

“Tentunya diperlukan langkah-langkah nyata, efektif dan kolaboratif agar proyek dan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan bekerjasama dengan proyek tersebut, dan dapat beroperasi sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Alfian.

Karena itu, tambah Alfian, dalam FGD hari ini kita menghadirkan narasumber yang berkompeten dan dihadiri langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra, staf ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan, Kadis PMPTSP dan Naker Zarratul Khairi yang juga diikuti secara virtual Wabup Richi Aprian, Plh. Sekda Edisusanto, kepala OPD dan kabag jajaran di lingkup Pemkab Tanah Datar.

“FGD hari ini, Insya Allah yang akan menjadi narasumber adalah Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Gunawan Wicaksono dan Dosen Fakultas Ekonomi Unand Fajri Muharja yang akan diikuti pejabat di lingkup pemerintah Tanah Datar,” pungkasnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *