Pasaman Barat

Pemkab Pasbar Sambut Kedatangan Wawako Sawahlunto Bersama Rombongan

Pasbar, Pilarbangsanews.com—

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan Wakilnya Risnawanto di dampingi sejumlah kepala OPD Pemkab Pasbar menyambut kedatangan Wakil Bupati Sawahlunto Zohirin Sayuti beserta rombongan di rumah Dinas Bupati Pasaman Barat. Kemudian acara dilanjutkan di Ruang Bupati dan Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis(26/08/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Hamsuardi didampingi sejumlah kepala OPD diantaranya, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Sukarli, Kadis Perkebunan Edrizal, Kadis Ketahan Pangan Yas’ari, dan Sekretaris serta para Kabid.

Bupati memaparkan mengenai kondisi geografi dan sosiologi masyarakat Pasaman Barat yang sebagian besar berkebun, bertani dan berternak. Ia berharap adanya informasi terbaru mengenai peningkatan ekonomi masyarakat, diantaranya dengan beternak sapi, bertani, dan usaha ekonomi kecil lainnya.

“Dengan adanya silaturahmi ini, Kita berharap keberhasilan meningkatkan ekonomi pertanian dan ternak masyarakat di Kota Sawahlunto bisa diterapkan juga di Pasaman Barat, begitu juga sebaliknya, dilihat dari hasil produksi pangan kita sudah swasembada pangan, jadi Insya Allah wilayah kita surplus beras,” kata Hamsuardi.

Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebutkan, tujuan mereka datang ke Pasaman Barat adalah untuk menjalin silaturahmi sekaligus bertukar informasi di bidang pertanian, Kita melihat sektor pertanian tidak terdampak atau terganggu oleh Covid-19 ini, jika dibandingkan dengan bidang lain, seperti perdagangan, memang kena imbas, tapi pertanian tidak.

Ia menyebutkan, Sawahlunto adalah kota kecil yang memiliki historis yang dibangun Belanda dengan ciri khas potensi batubara yang kini menjadi warisan wisata dunia.

Dulu Sawahlunto dari segi ekonomi pernah hampir mati, tetapi bekalangan perekonomian masyarakat bangkit lagi dengan menggeliatkan sektor pertanian dengan banyaknya bantuan bibit dari pemerintah dan inovasi pemerintah daerah, Ucapnya.

“Saat ini Kota Sawahlunto masuk nomor dua paling rendah angka kemiskinannya tingkat kabupaten/kota di Sumatera Barat,” Jelasnya. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *