.

Jejak si Pengayuh Becak dan Ultah Yang Dilupakannya

6 September 2021, adalah tanggal kelahiran penggagas penulisan buku JADUL KINANTI-Jokowi Dulu Kini dan Nanti, sikurus tukang becak, ABK pompong (kapal kayu kecil), kondektur angkot dan sopir, kuli bangunan, pedagang semokel penumpang kapal Tampomas, buruh angkut di pasar, dan aneka pekerjaan kasar dan kotor yang pernah ia jalani dimasa remajanya sambil ber sekolah atau kuliah.

Hari ini dia berulang tahun, yang mungkin ia sendiri tidak mengingatnya atau dilewatinya seperti hari2 biasa dengan aneka kegiatan tanpa ada hal yang istimewa.

Pagi tadi, saya di Bandung tanpa sengaja, membaca artikel yang pernah ditulis sahabat kita ini, sehingga melihat tanggal kelahirannya. Beliau salah satu tokoh berdirinya Partai Demokrat walau namanya tidak tercantum sebagai pendiri yang 99 orang. Ketua Umum Relawan SBY-JK, Ketua Umum Ralawan SBY-Boediono, Dewan Pembina Joksan Center untuk “Prabowo Hatta”, dengan Ketua Umum Jenderal TNI Purn Joko Santoso (Almarhum) dan pada 6 Mai 2018 dinobatkan sebagai Ketua Umum RèJO-Relawan Jokowi.

Setelah berhenti sebagai Pimpinan Komisi Pengawas Partai Demokrat, ia bersama Jhonny Allen Marbun dan loyalis lainnya menjadi pemrakarsa dilaksanakannya KLB Partai Demokrat yang pernah mereka besarkan sampai menghantar SBY menjadi Presiden RI ke 6 hingga dua periode th 2004 – 2014.

Selamat Ulang Tahun abangku Dr/c. Ir. HM. Darmizal, MS., MH., M.Hum. Saya bangga dengan segala catatan perjalanan hidup abang yang keras penuh onak dan duri, dan perjuangan gigih abang menghantar begitu banyak orang bahkan ikut serta menghantar tokoh-tokoh besar menjadi Presiden RI, walau kemudian abang ditinggal atau tertinggal bahkan dari yang tidak pernah berkeringat sama sekali. Abang tetap gembira, penuh semangat dan optimis tanpa memperlihatkan rasa kecewa apalagi marah.

Banyak lagi yang ingin aku ungkap tentang HM. Darmizal MS, penulis Disertasi “Kepemimpinan Jokowi”, yang luar biasa ini, tapi aku kawatir abang kecewa karna mengungkap peristiwa lama yang abang mungkin anggap sudah basi. Aku ga ingin abang kecewa dihari yang penuh makna ini.

Do’a kami sekeluarga, semoga bang Darmizal dan keluarga selalu sehat wala’fiat dalam lindungan Allah SWT

HBD bang Dar.
Salam Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Subang, 6 September 2021.

Saiful Huda Ems-SHE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *