Pessel

H Nasra Tasar Dilewakan Sandang Gelar Dt Bandaro Itam Nan Kayo

Pesisir Selatan, Pilarbangsanews,—

H. Nasra Tasar, dilewakan dilabuah nan rami menyandang gelar adat dalam suku kaumnya suku Caniago dengan gelar Dt. Bandaro Itam Nan Kayo. Dengan demikian sebagai seorang ninik mamak di Nagari dia telah berhak duduk sama rendah tegak sama tinggi dengan ninik mamak yang lainnya pada Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan. Acara pelewaan batagak penghulu ini dilaksanakan hari Senin (6/12).

Acara prosesi adat nagari Ampang Pulai, dihadiri oleh seluruh anak kemanakan Angku H. Nasra Tasar dan ninik mamak Anggota KAN Ampang Pulai. Prosesi ditandai pemasangan keris dan penyerahan tongkat dari Ketua KAN Ampang Pulai kepada H Nasra Tasar.

Hadir juga pada acara ini Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M. Sayuti Dt. Rajo Pangulu dan Anggota DPD RI, Alirman Sori dari kabupaten hadir Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Nuzirwan sebagai mewakili Bupati Pessel

Nuzirwan dalam sambutan nya mengatakan, niniak mamak memiliki peran strategis dalam menyokong pembangunan daerah di segala sektor.

“Jabatan niniak mamak merupakan jabatan yang istimewa, dengan jabatan yang diembannya niniak mamak memiliki ruang yang tidak terbatas dalam menyokong pembangunan,” katanya. 

Menurut dia, pembangunan tanpa sokongan niniak mamak akan hambar dan begitu sebaliknya, pembangunan yang mendapat sokongan niniak mamak akan bernilai tinggi dan pencapaiannya bahkan melebihi dari target.

Selain itu, menurut Nuzirwan, niniak mamak memiliki peran yang strategis dalam menekan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan seperti perjudian, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

“Niniak mamak tidak memiliki batasan dalam mencegah terjadinya hal-hal tersebut, sehingga keberadaan niniak mamak juga strategis dalam meminimalkannya,” Tutupnya. (Humas Pemda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *