Solok Kabupaten

Jambore PKK Kabupaten Solok Resmi Di Tutup,
Kecamatan Kubung Sabet Juara Umum

Kab Solok, PilarBangsaNews


Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok menggelar Jambore PKK se Kabupaten Solok. Mengangkat tema Melalui Gebyar Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2021, mewujudkan Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”.

Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Emiko Epyardi Asda dalam sambutannya menyebutkan bahwa peran serta para kader PKK adalah untuk menunjang keberhasilan program pemerintah daerah dalam meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Tambahnya, gerakan PKK Kabupaten Solok dari tahun ke tahun telah memperlihatkan dampak yang positif sebagai mitra kerja Pemerintah. Meningkatkan kesejahteraan keluarga, meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai insan pembangunan yang berkualitas. Peningkatan tersebut terlihat di tingkat kecamatan dan nagari.

” Kiprah para kader sangat menentukan keberhasilan kegiatan 10 program pokok PKK di tengah-tengah masyarakat. Para kader menjadi ujung tombak dalam menambah wawasan, pengetahuan kepada sesama kader dan masyarakat luas, ” ucap Ketua TP PKK tersebut.

Oleh karena itu tambah Emiko, penghargaan dan dukungan serta motivasi bagi para kader yang secara sukarela dan ikhlas dalam pengabdian diapresiasi dengan pelaksanaan Gebyar Jambore Kader PKK Berprestasi.

” Jambore merupakan kegiatan rutin Tim Penggerak PKK mulai dari Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. Melalui kegiatan Jambore ini diharapkan kita akan mendapatkan kader-kader terbaik yang akan mewakili Kabupaten Solok dalam Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 yang akan datang, ” tambah Emiko Epyardi.

Sebelumya jelas Emiko, TP PKK Kabupaten Solok tahun 2021 berhasil menjadi Juara Umum dalam kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Jambore tingkat Provinsi yang digelar di Kota Pariaman tersebut, Kabupaten Solok berhasil meraih juara 1 di tiga kategori dan juara harapan 2 di satu kategori.

” Kami yakin kita semua mempunyai harapan yang sama yaitu Kabupaten Solok kembali mampu mempertahankan Juara Umum Tingkat Provinsi Sumatera Barat seperti yang telah kita raih pada Jambore PKK Tahun ini. Dan kami yakin kita kader PKK dapat berkontribusi dalam mewujudkan Visi Misi Bapak Bupati, yaitu Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat dapat kita wujudkan melalui kegiatan jambore PKK ini, ” harap Ketua TP PKK Kabupaten Solok tersebut.

Sebelumnya Ketua Pelaksana kegiatan yang sekaligus Sekretaris TP PKK Kabupaten Solok, Retni Humaira dalam laporan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Jambore Gerakan PKK dari tahun ke tahun, sangat menentukan keberhasilan kegiatan 10 Program Pokok PKK ditengah-tengah masyarakat.
Dalam rangka menambah wawasan, pengetahuan, persahabatan serta memberikan motivasi dan penghargaan bagi para kader PKK yang telah bekerja secara ikhlas dan sukarela.

Lanjutnya, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para kader PKK. Dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK ke tengah masyarakat. Serta untuk meningkatkan hubungan silaturahmi sesama kader, dan saling berbagi pengalaman dengan sesama peserta jambore.

Jambore PKK tahun ini yang digelar hanya 1 hari tersebut, diikuti oleh 210 kader PKK dari 14 Kecamatan di Kabupaten Solok.

Adapun lomba-lomba yang diikuti para kader PKK adalah:

  • Lomba Defile Yel-yel kontingen kecamatan.
  • Lomba Ekspose Kegiatan PKK oleh Ketua Tim Penggerak PKK Nagari dengan tema “ Strategi Pembinaan Gerakan PKK di Nagari dalam mewujudkan Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.
  • Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) untuk pembinaan anak 1000 hari pertama kehidupan melalui “Manjujai”.
  • Lomba Stand dan Produk UP2K PKK Kecamatan
  • Lomba Pembuatan Vlog/Video serta ekspose vlog/video aku hatinya PKK.
  • Lomba Video Pendek/Vlog dan Ekspose Kader Posyandu.

Dalam Jambore Gerakan PKK Kabupaten Solok tahun 2021, Kecamatan Kubung berhasil menjadi yang terbaik dengan predikat juara Umum. Dengan raihan Juara 1 di 3 perlombaan. Lomba Yel-yel kontingen, lomba Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) untuk pembinaan anak 1000 hari pertama kehidupan melalui “Manjujai” dan lomba Pembuatan Vlog/Video serta ekspose vlog/video aku hatinya PKK.

Piala bergilir dan Piala juara umum diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Emiko Epyardi Asda yang turut didampingi oleh Staf Ahli Ekbangkesra, Syahrial. Turut hadir pengurus TP PKK Kabupaten dan Kepala SKPD, Camat se Kabupaten Solok. Halaman Kantor Bupati, (16/12). (ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *