Tanah Datar

Agar Iven Bisa Terlaksana, Bupati Tegaskan Capaian Vaksinasi Turut Menentukan

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra menegaskan, saat menggelar iven, khususnya iven yang berkaitan dengan pariwisata, seluruh elemen masyarakat yang terkait harus ramah dan penuh senyuman untuk melayani wisatawan dan pengunjung event tersebut.

“Tentu saja dengan ramah dan penuh senyuman membuat wisatawan di daerah kita terkesan, sehingga suatu saat mereka ingin kembali lagi,demgan begitu secara tersendiri pariwisata meningkat,” kata Eka Putra dalam rangka evaluasi kegiatan Pelatihan dan Pemanduan Paralayang Selasa (4/1/2022) di aula Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Eka menambahkan, masalah lainnya adalah kebersihan toilet, masjid, rumah makan, dan fasilitas umum lainnya. “Fasilitas umum seperti masjid, rumah makan dan toilet harus dijaga kebersihannya. Kebersihan menjadi salah satu faktor utama yang meninggalkan kesan baik dan kenyamanan pada wisatawan,” ujarnya.

Terkait rencana Tanah Datar menjadi tuan rumah event paralayang nasional bertajuk Trip Of Indonesia (TROI) Series 5 th pada Juli mendatang, Eka Putra berharap mendapat dukungan dari semua pihak, karena misi penyelenggara tidak hanya mengharumkan nama Tanah Datar, tapi juga Sumatera Barat.

“Untuk menjadi tuan rumah acara ini, vaksinasi harus selesai di Tanah Datar, terutama di tempat perlombaan. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menyerukan kepada masyarakat agar vaksin bagi yang belum,” kata Eka.

Eka menambahkan, para atlet dan calon paralayang juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya di sisa waktu sebelum pertandingan.

Tentunya, dalam iven nasional paralayang ini diharapkan juga atlet kita bisa berprestasi dan harumkan nama Tanah Datar Luhak Nan Tuo,” tukasnya.

Sementara itu sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Abdul Hakim menyampaikan, Paralayang merupakan salah satu Sport Tourism potensial yang sedang dikembangkan di Tanah Datar.

“Daerah kita mempunyai lokasi dan daerah sangat mendukung olahraga Paralayang, seperti di Batipuh Selatan dan di Salimpaung yang sudah dilaksanakan beberapa iven. Ini tentunya berdampak pada peningkatan kunjungan dan perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

Namun saat ini, tambah Abdul Hakim, memang sarana dan prasarana pendukung serta kelengkapan olahraga masih kurang sehingga diperlukan peningkatan dan perbaikan.

“Saat ini tercatat 20 orang calon atlet paralayang yang siap memajukan dan mengembangkan paralayang. Untuk memenuhi kebutuhan, Pemerintah daerah bersama pemerintah nagari dan juga KONI berkoordinasi untuk bisa membantu ketersediaan sarana salah satunya parasut untuk atlet,” ungkapnya.

Selanjutnya Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Tanah Datar Herman Sugiarto menyampaikan terima kasih atas dukungan dan motivasi Bupati Eka Putra kepada olahraga Paralayang.

“Iven TROI yang akan dilaksanakan di Tanah Datar ini memang menjadi amanah dan kebanggaan bagi kita semua, karena dari seluruh provinsi di Indonesia yang menyatakan siap melaksanakan iven ini, Tanah Datar yang dipercaya dan ditunjuk, karena itu atas dukungan pak Bupati dan jajaran Saya ucapkan terima kasih,” katanya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *