Payakumbuh

Hebat! Tanpa Dana APBD Dekranasda Kota Payakumbuh Gelar Payakumbuh Muslim Fashion Show & Exhibition

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Tidak kurang 4.00 orang undangan akan ikut menyaksikan gelaran akbar yang bertajuk Payakumbuh Muslim Fashion Show & Exhibition dan pameran produk UKM di tahun 2022 ini di Kota Payakumbuh pada hari Sabtu (19/2/2022).

Alek yang bernuansa agamis ini digawangi Dekranasda Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Darabirra, sebagai brand fashion muslimah/syar’i nasional. Sentral lokasi kegiatannya bertempat di Balai Kota Payakumbuh.

Apa yang melatrbelakangi Dekranasda Kota Payakumbuh mengelar kegiatan ini?. Henny Riza Falepi ketua Dekranasda daerah ini kepada awak media dalam Jumpa Pers, Jumat(18/2) sore di ruang Randang Kantor Balai Kota mengatakan, bahwa dunia fashion di Indonesia saat ini berkembang dari waktu ke waktu.

“Kita lihat sekarang fashion show tidak saja lagi di kota-kota besar dihelat, tapi sudah merambah hingga ke kota-kota kecil,” sebut istri Wali Kota Riza Falepi itu.

Berangkat dari hal inilah, lanjut Henny, Dekranasda Kota Payakumbuh berkeinginan mengelar kegiatan iven berskala nasional untuk memperluas citra Kota Payakumbuh sebagai ikon fashion Sumatra Batat.

“Ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap perkembangan potensi dan pembinaan sektor ekonomi kreatif, termasuk pelaku usaha industri kecil menengah,” papar Henny.

Terakhir ia sebutkan, bahwa gelaran iven ini akan memberi tambahan semangat bagi pelaku usaha industri kreatif untuk bangkit dari keterpurukan akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Sementara itu Aisyah dari Darabirra mengatakan, gelaran kegiatan ini akan mendatangkan lebih banyak orang luar untuk berkunjung ke Payakumbuh.

“Kita akan melihat nanti multipler efek dari helat ini nanti akan dirasakan masyarakat dan pelaku ekonomi di daerah ini,” ungkapnya.

Kemudian dalam Jumpa Pers ini, ketua panitia Cece Rida Ananda menyampaikan, dalam kegiatan ini ruang lingkupnya disamping Fashion Show & Exhibition juga pamaren produk UKM yang terdiri 30 pelaku usaha industri kreatif dengan rinciannya, 10 IKM Wira Usaha Bl 6 dari Kota Payakumbuh, dan 4 dari Kabupaten Limapuluh Kota.
Kemudian 20 IKM Kota Payakumbuh, terdiri 5 IKM fashion, 5 kerajinan, dan10 IKM kerajinan.”Kami dari panitia juga mengelar festival kuliner dengan menghadirkan makanan siap saji,” ujar Cece.

Ditambahkan Cece, fashion show produk IKM Kota Payakumbuh dan produk Darabirra dengan rinciannya, 4 designer lokal dengan 4 koleksi baju, meliputi D Fitra Nats, Muthis Colection, Listy Syar’i, dan Berry Mirsha. Kemudian Darabirra sendiri denga 80 koleksi baju.

“Waktu kegiatan yang kami tetapkan, untuk pameran produk UKM pukul 09-17.00 WIB. Festival kuliner Payakumbuh pukul 09.00.- 17.00 WIB. Dan untuk fashion show pukul 12.30-17.00 WIB,” jelas mantan Kadis Disparpora tersebut.

Terakhir ditegaskan Cece, bahwa semua kegiatan ini anggaran biayanya tidak mengunakan uang APBD, tapi dari sponsor.

“Kita tidak mengunakan uang APBD Payakumbuh sama sekali untuk membiayai kegiatan ini, tapi dari sponsor yang kami cari,” sebutnya.

Untuk itu tambah Cece, panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

Cece menyebut, Bank Indonesia Kantor Wilayah Sumbar, PT Pertamina, Wardah, PAM Tirta Sago Payakumbuh, Bank Nagari, BNI, RSKIA Annisa, RSKIA Sukma Bunda, dan Tifanny Houseware Payakumbuh.

Pada kesempatan itu Kadis Kominfo Payakumbuh Junaidi juga ikut menyampaikan harapannya agar acara ini berjalan lancar.”Jadilah tuan rumah yang baik,” pesannya.(wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *