Pendidikan

UIN Imam Bonjol Gelar Sosialisasi Calon Mahasiswa Baru Di MAN 2 Kota Padang

Padang, PilarbangsaNews

UIN (Universitas Islam Negeri) Imam Bonjol Padang menggelar acara sosialisasi penerimaan calon mahasiswa baru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang, Jln Gajah Mada No. 100 Gunung Pangilun kota Padang, Rabu (23/2/2022). Sosialisasi diberikan kepada siswa kelas XII yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Turut hadir dalam sosialisasi itu kepala kanwil kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Helmi, Dekan Fakultas dakwah Wahidul khohar, kakankemenag kota Padang H. Edy Oktafiandi, plt pendidikan madrasah Farhan Furqoni, kepala MAN 2 kota Padang H. Akhri Meinhardi, kepala madrasah se kota Padang dan ketua komite Syaifunir Husein.

“Mungkin selama ini kita telah banyak tahu tentang UIN IB melalui medsos dan media masa, pengetahuan ini akan di mantapkan dengan sosialisasi hari ini, silahkan nanti minta penegasan, explorasi tentang UIN IB Padang kepada tim sosialisasi,” kata Helmi Kakanwil Kemenag Sumbar mengawali sambutannya.

Helmi bercerita bahwa pada minggu lalu ia bertemu wakil ketua komisi VIII DPR RI adalah alumni UIN, sewaktu peresmian masjid di Pariaman ada seorang tentara yang berpangkat kapten alumni UIN dan juga ketika bertemu dengan anggota polri di Polda Sumbar juga ada alumni UIN.

Dan sekarang, kata Helmi, di Kanwil Kemenag Sumbar termasuk daerah dimana jumlah MA 48, Mts 112, kemenag kabupaten/kota 19 dengan jumlah total ASN 8.226 orang, dimana 72 persen pegawainya adalah alumni UIN.

“Jadi dapat disimpulkan bahwa alumni UIN itu ada dimana mana dan bisa bekerja dimana mana,” kata DR Helmi. M.Ag yang juga S1 sampai S3 nya di UIN Imam Bonjol Padang.

Dengan demikian, kata Helmi diminta kepada kepala madrasah untuk fokus memotivasi siswanya yang bagus-bagus agar masuk perguruan tinggi UIN Imam Bonjol Padang.

“Di UIN Imam Bonjol Padang sekarang sudah banyak jurusannya baik umum dan agama, jadi belajar jangan sampai di Aliyah saja tapi sampaikan lah ke perguruan tinggi,” ucapnya memotivasi siswa.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang diwakili dekan fakultas Dakwah Wahidul khohar mengatakan semulia- mulia manusia adalah orang yang pandai membaca Al-quran dan mengajarkannya, untuk belajar dan mengajarkan Al-quran harus punya ilmu. Orang yang punya ilmu dan beriman bukan sekedar mendapat pekerjaan tetap tapi tetap bekerja.

“Oleh karena itu mari berfikir dan jangan pura pura berfikir, milikilah kekuatan berfikir melalui kuliah di UIN Imam Bonjol Padang,” kata doktor komunikasi ini.

Wahidul khohar lebih jauh menyampaikan UIN Imam Bonjol memiliki 7 fakultas yaitu Fakultas Ushuluddin dan studi agama, fakultas syari’ah, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, fakultas adab dan humaniora, fakultas dakwah dan ilmu komunikasi, fakultas ekonomi dan bisnis Islam dan fakultas sains dan teknologi.

“Kami tunggu kedatangan ananda sekalian di UIN IB Padang, mari bersama membesarkan bangsa dan membela agama melalui perguruan tinggi kita ini. Bea siswa yang ada di UIN IB banyak macamnya yaitu bea siswa dari BI, KIP, Baznas dan lain lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 kota Padang H. Akhri Meinhardi menyatakan sangat berterimakasih atas partisipasi UIN Imam Bonjol Padang dalam ikut memberikan pencerahan kepada siswanya tentang informasi masuk perguruan tinggi. Ia berharap akan banyak siswanya yang diterima di UIN Imam Bonjol Padang.

“Program MAN 2 kota Padang salah satunya adalah mendukung penuh siswa untuk masuk UIN IB Padang. Buktinya tahun lalu lebih 100 orang dari 400 an siswa yang sekarang sedang kuliah di UIN IB Padang,” ujarnya.

Lagi pula, lanjut Akhri Meinhardi untuk mempersiapkan siswa masuk ke UIN, madrasah telah menyeleksi siswa yang masuk ke MAN 2 kota Padang melalui program PPDB dengan syarat siswa itu harus hafal 5 Juzz Al-Qur’an.

“Anak anak sudah disiapkan dengan berbagai upaya contohnya hari ini anak anak kelas XII sedang melaksanakan ujian praktek keagamaan seperti pidato/khotbah dan penyelenggaraan jenazah supaya bisa menjadi bekal bagi mereka masuk UIN dan juga berada di tengah tengah masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Akhri Meinhardi mengatakan informasi tentang UIN bukan hanya didapat melalui sosialisasi ini saja akan tetapi juga didapatkan melalui senior yang berkunjung ke madrasah melalui kegiatan ekstrakurikuler dan mendengar langsung informasi tentang UIN yang semakin berkualitas dan terus berbenah.

“Ketika kegiatan ekstrakurikuler seperti lomba tahfiz, marching band, Paskibra, Pramuka dan lain-lain, seniornya yang kuliah di UIN akan ikut hadir menyaksikan dan bercerita tentang UIN semakin maju dan berkualitas,” katanya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *