Pariwisata

Satu Lagi, Progul Tanah Datar Kembali Dilaunching Bupati; Satu Nagari, Satu Event

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM kembali meluncurkan salah satu Program Progul (Progul) Tanah Datar 2021-2026 yaitu Satu Nagari Satu Event, dan meluncurkan event 2022 di Gedung Nasional Maharajo Dirajo pada Minggu (27/2/2022) malam. Program ini diharapkan dapat mendukung ekonomi kreatif, pelestarian budaya, kemajuan olahraga dan produk nagari.

Bupati Eka mengatakan pariwisata merupakan sektor penting yang ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026, karena itulah peluncuran acara Progul Satu Nagari Satu Event menjadi pendorong penting bagi pariwisata di daerah yang dikenal Luhak Nan tuo ini.

“Progul Satu Nagari Satu Event bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan kearifan lokal nagari melalui kelompok sadar wisata, sanggar seni di nagari, kerajinan untuk anak-anak nagari, permainan untuk anak-anak nagari, klub olahraga di nagari, UMKM, dll,yang merupakan langkah besar dalam pengembangan pariwisata, budaya, dan peningkatan kunjungan wisatawan Tanah Datar,” katanya.

Potensi pariwisata Tanah Datar sangat kaya, yang akan membawa multiplier effect dan meningkatkan perekonomian masyarakat lebih cepat, kata Eka.

“Potensi ini tersebar di setiap nagari dan itulah yang kami kemas ke dalam Progul ini dan pemerintah daerah optimis melalui potensi wisata yang luar biasa ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Luhak Nan Tuo,” kata Eka.

Bupati Eka mengatakan Kegiatan Satu Nagari Satu Event akan dilaksanakan di 14 nagari pada tahun 2022, dengan peningkatan jumlah pada tahun 2023 dan pelaksanaan penuh pada tahun berikutnya.

“Agar pelaksanaan Progul berjalan lancar seperti yang diharapkan sehingga tahun depan lebih banyak nagari yang terlibat, kami telah merekrut tim kurator yang akan merencanakan, membina, membimbing dan mengawasinya,” kata Eka.

Sementara itu, Gubernur Sumbar diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata, Drs. Luhur Budianda, M.Si mengapresiasi peluncuran Satu Nagari Satu Event yang menjadi fokus pengembangan pariwisata di Tanah Datar.

“Pemda Sumbar mengapresiasi gagasan Progul oleh pemerintah Tanah Datar, karena acara tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Sumbar, khususnya ke Tanah Datar,” kata Luhur.

Ia menambahkan, Pemprov Sumbar juga menyambut baik peluncuran Kalender Event Tanah Datar 2022 yang akan menjadi acuan wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar.

“Kalender acara mencakup semua acara yang menyenangkan dan unik, salah satunya adalah Festival Pesona Minangkabau, yang telah masuk dalam kalender pariwisata nasional dan ditetapkan sebagai Karisma Event Nusantara oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,” kata Luhur.

Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Olahraga Tanah Datar Yessy Akmaliza, Ap. S.Sos mengatakan kegiatan launching dimulai dengan pengarahan kepada nagari.

“Agar Progul ini berjalan lancar, kami bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP) dan tim kurator acara untuk memberikan pengarahan dan pembekalan kepada 14 Nagari yang akan menggelar event tersebut,” ujarnya.

Kemudian ia juga menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan sehingga Progul ke enam dari sepuluh Progul dari Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2021-2026 bisa di launching dan berjalan baik ke depannya.

Adapun 14 Nagari di 14 Kecamatan yang bakal melaksanakan Event ini adalah :

  1. Nagari Andaleh Baruah Bukit Kecamatan Sungayang Dengan Ivent , “Sapakan Alek Anak Nagari Andaleh”.
  2. Nagari III Koto Kecamatan Rambatan, “Aua Sarumpun Geopark Festival III Koto”.
  3. Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, “Pesona Pariangan Nagari Terindah”
  4. Nagari Gunuang Rajo, Kecamatan Batipuh, “Galiek Durian Gunuang Rajo”.
  5. Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung “Talago Kamba Festival”
  6. Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, “Tabek Ganggam Festival”.
  7. Nagari Pandai Sikek,Kecamatan X Koto, “Pandai Sikek Festival”.
  8. Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, “Gebyar Pesona Talago Biru”.
  9. Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, “Festival Silat Baluluak Bajarami”.
  10. Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, “Barulak Kurenah Tanjung Alam”.
  11. Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, “Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung”
  12. Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, “ Festival Pesona Pangian”.
  13. Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, “Galundi Singkarak Festival”.
  14. Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara,” Festival Tenun”.

Turut hadir pada kesempatan itu Forkopimda Tanah Datar, Sekretaris Daerah Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, BUMN, BUMD, Tokoh Masyarakat, Direktur STP Bandung, CEO Emersia Hotel, Pelaku Wisata, Pokdarwis, Komunitas Pariwisata, Penggiat Pariwisata dan Tamu Undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *