Tanah Datar

Malam Puncak Duta Genre Tanah Datar 2022, Bupati Eka Putra Buka Secara Resmi

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM resmi membuka pada Sabtu malam (05/03/2022) di Ballroom Hotel Emersia dan Resort Batusangkar Malam Puncak Pemilihan Duta Genre (Generasi Bencana)

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra mengatakan penduduk usia 10-24 tahun akan menjadi 24,53% pada tahun 2021, yang berarti satu dari empat penduduk Indonesia adalah remaja. Remaja lebih besar dan membutuhkan pengawasan atau manajemen yang direncanakan.

“Pemilihan duta GenRe bukan untuk mencari yang terbaik, tetapi lebih kepada menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat dan berkualitas, terutama di kalangan anak muda, agar mereka menjadi generasi yang peduli lingkungan dan masyarakat, demi masa depan bangsa dan negara, khususnya Tanah Datar,” ujarnya.

Bupati Eka Putra juga mengatakan, pemilihan duta GenRe ini sejalan dengan program pemerintah daerah, Satu Rumah, Satu Hafiz/Hafizah, yang bertujuan untuk menciptakan generasi penghafal Al-Qur’an, tangguh, cerdas dan berkepribadian.

“Untuk memasuki Indonesia Emas tahun 2045, kita siap menjadi generasi yang tangguh, sehingga para duta GenRe harus mampu mengungkapkan pentingnya perencanaan untuk mewujudkan keluarga kecil tapi sejahtera,” kata Eka Putra.

Sebelumnya, Fatmawati ST,M.Eg Kepala BKKBN perwakilan Sumbar memuji Pemkab Tanah Datar yang mendukung penuh kegiatan GenRe dan memuji Bupati Eka Putra selaku bapak GenRe dan Ketua TPPKK Ny.Lise Eka Putra, selaku Bunda GenRe Tanah Datar yang fokus dan total dalam kegiatan GenRe.

“BKKBN terus berupaya untuk menghasilkan generasi yang berkualitas, meskipun tidak mudah, kami memiliki berbagai program dan kegiatan, seperti GenRe ini, dimana anak-anak dipersiapkan agar tidak dalam usia yang sangat muda Menikah. Kalau mau nikah, BKKBN punya aplikasi siapnikah.org,” ujarnya.

Fatmawati menjelaskan bahwa aplikasi tersebut akan menunjukkan bagaimana persiapan anak dimulai dari fisik, mental, emosional, serta kondisi finansial dan sosial yang ada.

Kepala BKKBN Provinsi ini menambahkan, jika saat ini Indonesia sudah memasuki bonus demografi dan rasio ketergantungannya lebih kecil dari usia produktif, maka melalui ajang GenRe dapat dihasilkan generasi yang berkualitas.

Hal yang sama disampaikan oleh Nofenril,Kepala Dinas PMDPPKB, jika dipilihnya Duta Genre ini untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program pengembangan keluarga, kependudukan dan KB di kalangan remaja, agar mereka sadar akan sikap dan perilaku positif yang Perkembangan rohani dan sosial.

Nofenril mengatakan para Duta GenRe dipilih untuk menyebarkan jaringan mitra dan pemangku kepentingan melalui para Duta GenRe ke generasi inisiatif yang terencana dan membanggakan.

Pada malam puncak tersebut tampil Juara 1 Putra Jihad Nusa Adra dari SMAN 1 Salimpaung, putri Siti Fatima Zahiro (SMAN 2 Batusangkar. Juara 2 putra, Ahmad Dzaky Ramschie (PIK R Kampung KB Tanjung Bonai, putri Nasywah Humairoh SMAN 1 Batusangkar. Dan Juara 3 putra Lucky Iqra Ilhamdi SMAN 1 Pariangan dan putri Olifiya Freedelina SMAN 1 Salimpaung.

Duta favorit putra Bail Bailey Balakosa SMAN 1 Batusangkar, putri Aliyah Karmila Putri SMAN 3 Batusangkar. Duta fotogenik
Insanul Zaki MAN 4 Tanah Datar dan Dinda Mayasari SMAN 1 X Koto.

Duta berbakat M.Teguh MAN 1 Tanah Datar, dan Nadya Putri Pratama SMAN 2 Sungai Tarab. Duta Kepemimpinan M Hanif Al-Faruq MAN 2 Tanah Datar dan Afrina Yulia IAIN Batusangkar.

Duta Educate Zaki Abdul Hadi SMAN 1 Sungayang dan Hamdiah SMAN 1 X Koto. Duta hafizh hafizah M. Hafiz Yazid MAN 4 Tanah Datar dan Suci Rahmadini MAN 2 Tanah Datar.

Turut hadir malam puncak pemilihan duta GenRe tersebut Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala OPD, Forkopimda dan undangan lain. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *