Pendidikan

Siswa MAN 2 Kota Padang Diminta Untuk Mewujudkan Visi, Misi Dan Tujuan Madrasah

Padang, PilarbangsaNews

Jadikan momen upacara sebagai wadah edukasi untuk mewujudkan visi dan misi serta tujuan madrasah. Ini dilakukan untuk melatih diri agar tidak memiliki karakter ego, berusaha untuk kompak dan menyamakan diri dengan barisan yang lain.

Hal itu disampaikan Yusmal Yani wakil kepala bidang kesiswaan saat bertindak sebagai pembina upacara bendera Senin 07 Maret 2022 di lapangan kampus MAN 2 kota Padang jalan Gajah Mada No. 100 Gunung Pangilun kota Padang.

Ia mengatakan visi dan misi madrasah bukan hanya sekedar untuk dibaca, dihafal, akan tetapi juga dipahami dan dilaksanakan, sehingga terwujud madrasah yang kondusif dan persuasif untuk menuntut ilmu pengetahuan.

“Biasakan menerapkan kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman. Kendaraan yang keluar masuk sudah ada aturannya mulai dari masuk gerbang kaca helm tolong diangkat, hargai security dan parkirlah kendaraan sesuai tempat yang telah di tetapkan,” kata Yusmal Yani dihadapan peserta upacara yang diikuti wakil kepala, Kaur TU, guru dan 1.387 siswa MAN 2 kota Padang.

Yusmal Yani menekankan untuk mewujudkan madrasah yang kondusif dan nyaman, maka perlu tata tertib diikuti sesuai aturan yang telah ada. Bahkan katanya, jangan sekali-kali keluar dari rel yang telah ditentukan.

“Disiplin kunci keberhasilan segalanya. Aturan tentang rambut, sepatu dan atribut lainnya tolong diikuti. Menjadi tanggung jawab moral bagi kami para pendidik menjadikan objek didik itu berhasil sehingga tidak ada yang kecewa setelah tamat dari mandupa,” kata Yeye demikian ia akrab dipanggil.

Lebih lanjut Yeye mengatakan, tata tertib (tatib) madrasah ini merupakan peraturan turunan dari regulasi negara yaitu undang undang Nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional yang dijabarkan dalam bentuk tatib yang harus dipatuhi seperti dalam lokal harus ada atribut penting yang harus dimiliki seperti denah lokal, struktur kelas, jadwal piket, jadwal pelajaran, tatib sekolah dan lain-lain.

“Perangkat kelas merupakan perpanjangan tangan dari wali kelas untuk menunjang kelancaran PBM. Kepada perangkat kelas amanah ini betul betul dilaksanakan, yang akan menjadikan kelas itu disiplin berdasarkan tatib yang sudah ditetapkan,” lanjut Yeye menekankan.

Wakil kepala bidang kesiswaan ini juga mengingatkan kepada kelas XII agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi ujian madrasah (UM) yang akan dilaksanakan tanggal 21-28 Maret 2022.

“Siapkan diri dengan matang berupa penguasaan materi, sehingga bisa memperoleh hasil untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau terjun ke lapangan kerja dan ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

“Sebelum UM, maka 10 Maret 2022 akan di laksanakan pra ujian madrasah, maka ananda harus betul-betul siap dari segi tekhnis, karena dalam pelaksanan ujian nantinya akan mggunakan aplikasi e-learning,” tambah Yeye.

“Karena dalam ijazah dan rapor nanti, tidak hanya tercantum nilai ujian tulis, tapi ada juga nilai ujian praktek. Kalau ada ananda yang belum ujian praktek atau literasi maka selesaikan secepatnya. Saat kelas XII ujian madrasah, siswa kelas X dan XI akan mengikuti penilaian tengah semester (PTS). Karenanya nilai-nilai harian seperti UH, remedial dan tugas harus segera diselesaikan. Nilai semester akan menentukan kelulusan ananda untuk naik ke kelas berikutnya dan akan menentukan dalam pengambilan SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri, maka kelas X dan XI harus dipersiapkan betul untuk mendapatkan nilai sempurna demi masa depan yang diinginkan,” pungkas Yeye.

Langkah tegap dan serentak yang diperlihatkan oleh gabungan kelas XII angkatan 2022 sebagai pelaksana upacara bendera yang diiringi marching band membuat upacara berlangsung khidmat dan sukses. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *