Pendidikan

Misi Penyelamatan, PMR Wira MAN 2 Kota Padang Mendapat Apresiasi Kepala Madrasah

Padang, PilarbangsaNews

Kepala MAN 2 Kota Padang memberikan apresiasi respon cepat yang dilakukan Palang Merah Remaja (PMR) Wira MAN 2 Kota Padang dalam misi penyelamatan kemanusiaan terhadap siswa yang mengalami masalah kesehatan pada saat upacara maupun pada kegiatan lainnya.

Hal itu disampaikan Akhri Meinhardi, Kamis (17/03/2022) diruang kerjanya atas respon cepat yang dilakukan PMR Wira MAN 2 Kota Padang dalam setiap penanganan cepat dan tanggap terhadap persoalan kesehatan siswa maupun kegiatan bakti sosial lainnya.

“Misi penyelamatan yang masif dilakukan anak-anak PMR merupakan cerminan akhlaqul karimah yang ditanamkan melalui pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan selama ini. Anak yang baik maka pasti akan berprestasi baik pula,” katanya.

Ia mengatakan PMR hadir memberikan pertolongan pertama terhadap siswa sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam melindungi warga madrasah sebagaimana yang diamanatkan kepada anggota PMR.

“Penyelamatan itu dilakukan tanpa memandang status maupun kelas, mereka secara spontanitas melakukan aksi pertolongan” ujar Akhri Meinhardi bangga.

“Sebagai anggota PMR, menangani teman yang pingsan, sakit dan lain sebagainya di balas dengan pahala dari Allah sebagai amal shaleh yang luar biasa,” tambahnya.

Kepala madrasah berterimakasih kepada PMR yang mempunyai sosial yang tinggi serta cekatan dalam menangani masalah. Menurutnya anak-anak tersebut harus layak diberikan penghargaan sebesar-besarnya.

“Ucapan terima kasih juga kepada pembina, waka dan guru yang telah mendidik anak anak tersebut, berikanlah mereka kemudahan dibidang yang lain karena dalam waktu bersamaan mereka membantu teman-temannya,” tandasnya.

Pembina PMR Wira MAN 2 kota Padang mengatakan anggota PMR memiliki tugas memberi pertolongan pertama untuk kesehatan ketika ada teman atau murid sekolah yang mengalami sakit atau kecelakaan ringan di lingkungan sekolah dan membutuhkan pengobatan.

“Para anggota dari ekskul PMR juga dipersiapkan dengan tugas untuk selalu siaga dan tanggap terhadap berbagai kemungkinan bencana yang mungkin saja terjadi di sekitar lingkungan mereka,” ujar Roni Ilham.

Ditambahkan Roni Ilham, anggota ekskul PMR juga bertugas untuk menggalang dana kemanusiaan dari siswa-siswi lainnya di madrasah ketika terjadi bencana dan juga bertugas untuk selalu siaga menjadi petugas kesehatan dan menggelar kegiatan-kegiatan sosial secara berkala di madrasah tersebut, misalnya seperti donor darah atau bakti sosial.

Disamping itu, tugas anggota PMR mengajak teman dan murid lain untuk hidup sehat, memberi semangat, dan memberi contoh bagi murid lainnya dan teman sebayanya untuk memulai pola hidup sehat.

“Mengurus dan menjaga UKS sebagai tempat untuk memberi pertolongan pertama ketika ada siswa yang sakit atau mengalami kecelakaan ringan. Anggota PMR juga bertugas memastikan UKS tersebut bisa berfungsi dengan baik,” ucap Evi Sulitri pembina PMR MAN 2 kota Padang menambahkan.

Sementara itu, komandan PMR Wira MAN 2 Kota Padang mengatakan bahwa selama ini ia mendapat pelatihan tentang kepalangmerahan, baik Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Internasional, PBB, pertolongan pertama, perawatan keluarga, pendidikan remaja sebaya, pengabdian masyarakat, kepemimpinan, komunikasi, dan kerja sama.

“Sebagai anggota PMR, kita juga harus siap menolong siapa pun bila diperlukan, entah di madrasah, juga di lingkungan rumah. Banyak sekali kegiatan PMR, yang pasti membuat kita menjadi anak siap membantu siapa pun dengan senang hati,” ungkap Muhammad Fadjri Hidayat kelas XII IPA 6. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *