Pendidikan

4 Jalur Prestasi Dibuka Pada PPDB MAN 2 Padang Tahun 2022, Ayo Mendaftar

Padang, PilarbangsaNews

Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang membuka jalur prestasi untuk calon peserta didik baru. Pendaftaran jalur prestasi MAN 2 Padang di buka secara online mulai 11-16 April 2022.

Jalur prestasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 terdiri dari prestasi tahfiz, prestasi akademik Kompetensi Sains Madrasah (KSM), Kompetensi Sains Nasional (KSN) atau lomba mata pelajaran yang diadakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), prestasi akademik berdasarkan rapor dan prestasi bidang olah raga atau seni.

Ketua panitia PPDB MAN 2 Kota Padang Yusmal Yani mengatakan untuk jalur prestasi tidak menggunakan ujian tulis sebagai bagian seleksi. Namun, ada kriteria tertentu yang ditetapkan bagi peserta tiap jalur.

“Untuk tahfiz jumlah hafalan minimal 5 juz dibuktikan dengan sertifikat dan tes, prestasi akademik juara I,II dan III KSM dan KSN tingkat Kabupaten/Kota, Propinsi
atau lomba mata pelajaran yang diadakan oleh PTN, prestasi akademik juara umum I, II dan III
dibuktikan dengan foto kopi rapor semester 1 sampai 5 dan foto kopi sertifikat juara atau surat keterangan juara dari
kepala madrasah atau sekolah,” kata Yusmal Yani.

Lanjut yeye, sapaan akrab Yusmal Yani, mengemukakan untuk prestasi bidang olah raga atau seni dengan memperoleh juara 1, 2 atau 3 tingkat Kabupaten/Kota,
Propinsi atau Nasional dan sertifikat dikeluarkan oleh dinas atau induk cabang olah raga terkait.

“Untuk nilai rata-rata raport minimal 78. Siswa bisa mendaftar melalui web resmi http://www.man2kotapadang.sch.id,” imbuhnya.

Sementara itu kepala MAN 2 Padang Akhri Meinhardi berharap PPDB tahun 2022 melalui jalur prestasi hendaknya betul betul sesuai dengan teknis yang telah ditentukan. Menurutnya masih ada pendaftar yang tidak jujur dalam hal melampirkan dokumen tentang persyaratan jalur prestasi.

“Sebagai contoh di sertifikat tertulis hafiz 5 juz, ternyata ketika diuji hanya hafal juz ketiga saja. Semestinya hafalannya itu harus secara keseluruhan,” tegasnya.

Dikatakannya, hal yang sama juga berlaku untuk jalur prestasi lainnya, jangan ada kebohongan dalam mengeluarkan sertifikat, apakah tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Nasional.

“Disertifikat tertulis juara olahraga atau seni tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi atau Nasional, ketika diuji justru tidak mampu melakukan apa-apa,” sambung Akhri Meinhardi.

Ia juga menekankan bahwa penerimaan melalui jalur prestasi ini betul-betul dilakukan secara profesional tanpa ada kompromi. Menurutnya diterima atau tidaknya murni berdasarkan syarat yang termaktub dalam ketentuan penerimaan melalui jalur prestasi.

Selengkapnya tentang jalur prestasi tahfiz, prestasi akademik KSM, KSN
atau lomba mata pelajaran yang diadakan PTN, prestasi akademik berdasarkan rapor dan prestasi bidang olah raga atau seni serta syarat-syarat pendaftaran dan informasi kelolosan bisa dilihat di http://www.man2kotapadang.sch.id. Semoga berhasil Mandupa lover’s. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *