.

Tim II Kunjungi Masjid Jami’ Sungai Jambu, Wabup Ucapkan Apresiasi kepada Pengurus Masjid

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pada Rabu 6 April 2022 malam, 20 tim ramadhan reguler Pemerintah Daerah melakukan perjalanan serentak ke berbagai pelosok daerah untuk mengunjungi masjid-masjid yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Tanah Datar.

Tim 2 mengunjungi Masjid Jami’ Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan didampingi Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian dan Wakil Ketua Tim Dr. Alfian Jamrah dan beberapa OPD lainnya didampingi Camat beserta Forkopimca Pariangan dan Wali Nagari Sungai Jambu.

Sambutan dimulai dengan Wakil Bupati Richi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada pengurus masjid dan pemuda serta masyarakat yang menyambutnya dan timnya.

“Alhamdulillah kita disambut dengan hangat, dimulai dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib bersama, semoga ini dinilai sebagai ibadah oleh Allah SWT dan dibalasi pahala setimpal,” ujarnya.

Kemudian Wakil Bupati juga menginginkan masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat berbagai kegiatan keagamaan dan sosial lainnya.

“Kami ingin masjid modern menjadi pusat pendidikan, pusat ekonomi dan pusat politik. Dilihat dari capaian Masjid Jami’ Sungai Jambu, sudah dimulai sejak dini, dan tentunya berharap bisa menjadi contoh masjid-masjid lain di Tanah Datar,” ujarnya.

Selanjutnya, Richi menyampaikan bahwa cukup banyak program pembangunan yang telah dilaksanakan dan dicanangkan selama kurun waktu satu tahun Kepemimpinan Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama dirinya sebagai Wakil Bupati.

“Arah tujuan pembangunan kita ke depan sesuai dengan misi yaitu mewujudkan Kabupaten Tanah Datar Madani berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah dan dikembangkan dalam 6 Misi serta 10 Program unggulan Tanah Datar, “ujarnya.

Richi mengungkapkan beberapa Program Unggulan (Progul) yang telah dilaunching atau diluncurkan adalah Layanan Bajak Gratis yang bertujuan untuk menyederhanakan biaya produksi pertanian, diikuti oleh Asuransi Usaha Tani Padi, dan Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pelayanan Perizinan yang disebut Peluk Tanda Diri, kemudian Satu Nagari Satu Even dan Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah

“Selain Bajak Gratis untuk bertani gratis seluas 4.200 hektar, Asuransi Usaha Tani Padi bagi mereka yang panennya gagal menyediakan anggaran 2.000 hektar dan 2.000 hektar asuransi ternak sapi dan kerbau dialokasikan 2000 ekor. Sedangkan Program Satu Rumah Satu Hafizh/hafizah terus kita tingkatkan agar tercipta generasi Tanah Datar yang Islami yang bakal memimpin di masa datang, agar Tanah Datar lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, pengurus Masjid Jami’ Sungai Jambu Setrial Dt. Thankali mengucapkan selamat datang dan terima kasih telah menjadikan Masjid Jami’ salah satu masjid yang dikunjungi tim Ramadhan.

“Alhamdulillah terima kasih Pak Wabup beserta rombongan dan pemerintah setempat yang telah menetapkan masjid ini sebagai salah satu masjid yang dikunjungi tim Ramadhan,” ujarnya.

Kemudian Setrial mengatakan Masjid Jami’ telah meraih prestasi baik di tingkat Kabupaten maupun Sumbar.

“Juara I Masjid Teladan Tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2011, Juara I ajang yang sama tingkat provinsi setahun kemudian. Juara I Masjid Paripurna tahun 2012 untuk berwawasan Lingkungan, Juara 1 Perpustakaan Masjid tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2013,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, berbagai kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat telah dilaksanakan di masjid yang terletak di Jorong Sungai Jambu.

Masjid melaksanakan program santunan anak yatim, pengelolaan zakat, pengelolaan Qurban, perpustakaan masjid, pondok Al Qur’an, ambulan masjid, punya taman kanak-kanak, serta juga membantu secara subsidi siswa kurang mampu melanjutkan ke perguruan tinggi, dan beberapa program lainnya,” tukasnya.

Dalam kunjungan itu Wabup Richi Aprian menyerahkan bantuan sebesar Rp10 Juta ditambah 1 paket buku. Dan dilanjutkan tausyiah dari ustad Hendri Hadi Nurma.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *