Tanah Datar

Berseri di Nagari Barulak, Usai Dialog Wakil Bupati Lakukan Tinjauan Lapangan

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Tanah Datar dibawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian terus bergerak maju untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang madani berlandaskan adat basandi syara’ syara’ basandi Kitabullah.

Tidak hanya 10 program unggulan yang sudah masuk dalam RPJMD Kabupaten Tanah Datar, kali ini lahir program kegiatan baru dalam rangka meningkatkan kinerja dan mengasimilasi aspirasi masyarakat.

Program yang dikenal dengan Pimpinan Daerah Berkantor Sehari di Nagari atau disingkat Berseri di Nagari itu juga dimulai Jumat (8/4/2022) dengan nagari terpilih pertama adalah nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru.

Program Kegiatan Pimpinan Daerah Berseri di Nagari tidak harus dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupatinya,namun salah satu aja yang hadir itu sudah cukup.Hal yang sama terjadi kemarin di Nagari Barulak, acara tersebut hanya dihadiri oleh Wakil Bupati Richi Aprian karena Bupati berhalangan hadir karena ada tugas lain yang tidak bisa di tinggalkan.

Berseri di Nagari Barulak dimulai dengan apel bersama OPD terkait, pegawai kecamatan serta Kantor Walikota Nagari setempat. Selain itu, acara dilanjutkan dengan pengarahan staf yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Richi Aprian. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan dialog dengan masyarakat dan diakhiri dengan observasi langsung di lapangan.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Richi Aprian mengatakan bahwa Pimpinan Berseri di Nagari ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan menyerap informasi dan aspirasi langsung dari bawah.

“Kami disini berkantor di nagari bukan hanya untuk silaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat, tapi kami disini untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di nagari. Selain itu, kami akan memetakan potensi di tiap-tiap nagari untuk nantinya keputusan dibuat dengan benar,” kata Richi.

Wakil Bupati juga menjelaskan mengapa nagari Barulak menjadi pilihan utama kegiatan ini karena Nagari Barulak dianggap sebagai nagari terpenting.

“Nagari Barulak ini merupakan nagari terpenting dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Agam dan Kabupaten 50 Kota, jadi jika seseorang datang ke Tanah Datar dari arah ini, nagari pertama yang mereka lihat adalah nagari Barulak ini. Jadi kami menginginkan nagari Barulak ini untuk mencerminkan Kabupaten Tanah Datar secara keseluruhan, dari nagari ini sudah bisa menilai seperti apa Tanah Datar itu,” jelas Wakil Bupati.

Ketika kegiatan dialog dengan masyarakat dikonfirmasi, pesan yang disampaikan Wakil Bupati Richi memang benar, dan banyak pertanyaan dan saran serta informasi yang disampaikan langsung oleh masyarakat.

Di antara sekian banyak pertanyaan, saran dan informasi yang disampaikan masyarakat, Wakil Bupati dan OPD terkait semuanya hadir, dan raut wajah mereka menunjukkan kepuasan, dan terlihat jelas di akhir acara. Mereka meninggalkan ruangan sambil tersenyum dan puas.

Usai berdialog dengan masyarakat, acara dilanjutkan dengan tinjauan ke lapangan, dengan beberapa yang dikunjungi antaranya Bumnag Wahana Karya Mandiri Nagari Barulak, Kawasan agro wisata Boncah Raya,embung Pincuran Siboji, saluran irigasi/tali banda, dan yang terakhir batas wilayah antara kabupaten Tanah Datar dengan kabupaten 50 Kota.

Pada kesempatan itu, juga tampak hadir Camat Tanjung Baru Riky Aprizaldi beserta Forkompimca, Wali Nagari se-kecamatan Tanjung Baru, Ketua KAN, BPRN, angku-angku, niniak mamak, dan tokoh masyarakat setempat. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *