Pendidikan

PPDB MAN 2 Kota Padang Jalur Reguler Dibuka, Apa Saja Tahapannya

Padang, PilarbangsaNews

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN 2 Padang jalur reguler tahun 2022 dimulai hingga 14 Mei mendatang. Artinya, siswa hanya punya waktu 6 hari untuk melakukan pendaftaran, sebab seleksi masuk PPDB jalur reguler amat ketat.

“Dengan jumlah yang akan diterima hanya 315 orang siswa, artinya kompetisi antar calon siswa luar biasa ketat, oleh karena itu diharapkan kepada siswa segera melakukan pendaftaran,” kata Yusmal Yani Ketua PPDB MAN 2 Kota Padang, Senin (09/05/22).

Ia menyebut, untuk tahap awal siswa melakukan pendaftaran secara online melalui website http://www.ppdb.man2kotapadang.sch.id

“Tahapannya, calon siswa mendaftar di web pendaftaran, jika telah selesai pendaftaran, silahkan login dengan username dan password saat pendaftaran, lengkapi formulir yang diberikan dengan benar, berikutnya cetak formulir pendaftaran,” sebut Yeye demikian ia akrab dipanggil.

Jika semua itu selesai, kata Yeye, siswa untuk tahap berikut melakukan penyerahan berkas yang dimulai 17-21 Mei 2022 dan langsung mengikuti tes uji baca Al Quran.

“Berkas yang harus disiapkan berupa kartu pendaftaran, fotokopi rapor semester 1, 3 dan 5 yang dilegalisir. Foto kopi ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang
dilengkapi dengan daftar nilai
, Print out NISN (dari internet) dan surat rekomendasi peminatan dari guru BK madrasah/sekolah asal,” ungkap Yeye.

Lebih lanjut Yusmal Yani mengatakan bahwa untuk bisa diterima di MAN 2 Kota Padang, siswa yang bersangkutan harus menempuh berbagai seleksi dan syarat yang ditentukan.

“Rata-rata nilai raport 80, untuk nilai raport peluang siswa untuk lolos lebih besar yakni 50 persen, tes tertulis 30 persen sementara tes tilawah Al-Qur’an 20 persen,” imbuhnya.

Kepala MAN 2 Kota Padang H. Akhri Meinhardi mengatakan bahwa PPDB mengacu kepada regulasi yang dikeluarkan Dirjen Pendis. Menurutnya semua calon siswa mempunyai hak sama untuk bisa diterima sesuai aturan yang telah ditetapkan.

“Jalur reguler persaingan antar calon siswa sangat kompetitif, oleh karena itu bersyukur rasanya siswa bisa diterima, sebab prestasi MAN 2 Kota Padang plus keterampilan sudah tingkat nasional dan internasional,” ujar Akhri Meinhardi.

Ia mengimbau calon siswa agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin, mulai mempersiapkan berkas yang telah ditentukan, uji tilawah hingga ujian tertulis secara online nantinya.

Semua tahapan serta informasi lengkap mengenai PPDB MAN 2 Kota Padang tahun 2022 jalur reguler dapat dilihat melalui brosur dan di akses melalui website http://www.ppdb.man2kotapadang.sch.id. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *