50 Kota

Kampanye Pilawanag Dimulai, 298 Orang Calon Wali Nagari Berkompetisi

Kampanye Pilawanag Dimulai Hari Ini, 298 Orang Calon Wali Nagari Berkompetisi

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Pemilihan wali nagari (Pilwanag)serentak di Kabupaten Limapuluh Kota mulai memasuki tahapan krusial. Dimulai hari Kamis (19/5/2022) sebanyak 298 orang calon wali nagari mengawali masa kampanye.
Waktu kampanye ini hanya tiga hari, sampai tanggal 21 Mei 2022. Lalu 3 hari pula masa minggu tenang (22-24 Mei 2022). Pencoblosan sendiri akan berlangsung tanggal 25 Mei 2022.

Begitu penjelasan awal dari Kadis DPMD/N Kabupaten Limapuluh Kota Endra Amzar saat temu media di Aula kantor yang dipimpinnya, di Padang Tiakar Hilir, Kelurahan Padamg Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis (19/5/2022) siang.

“Kami menghimbau kepada para calon wali nagari untuk melaksanakan tahapan yang telah ditetapkan itu sebaik-baiknya,” pesan Endra Amzar.

Disamping itu, ulas Endra calon wali nagari yang terpilih nantinya agar visi misinya dituangkan kedalam RPJM. Kemudian, wujudkan visi misi tersebut menjadi program kerja.

Untuk masyarakat calon pemilih, Endra juga berpesan dalam menjatuhkan pilihannya agar berhati-hati. “Calon pemilih diharapkan teliti terlebih dahulu dari semua sisi calon yang akan dipilih. Sebab, masa enam tahun sebagai satu priode wali nagari ini ditentukan saat pencoblosan,” ingatnya.

Terakhir disebutkan Endra bahwa saat Pilwanag serentak ini berdasarkan SK Bupati Limapuluh Kota maka pada hari tersebut diliburkan.

“Tujuan hari libur adalah untuk memberi ruang kepada masyarakat mencoblos ke TPS.Jadi kita harapkan partisipasi masyarakat wajib pilih akan lebih tinggi,” sebutnya. Penyelenggaraan Pilwanag ini tetap menerapkan protokol kesehatan, tambah Endra.

Sisi lain, pada kesempatan yang sama, Kabid Pemerintahan Nagari Ilda Subul Huriati mengatakan, bahwa dari 79 nagari di Kabupaten Limapuluh Kota yang mengelar Pilwanag serentak ini sebanyak 70 nagari.

“Hanya 9 nagari yang tidak mengelar Pilwanag karena masa jabatan wali nagarinya masih tersisa dua tahun lagi,” terang Ilda.

Diteruskannya, dari 298 orang calon wali nagari tadi 12 orang merupakan perempuan. Kemudian, 44 orang dari 298 orang calon tadi berasal dari petahana. Hanya 7 orang petahana yang tidak mencalonkan diri, ucapnya.

Disamping didampingi Kabid Pemerintahan Nagari, dalam temu media ini Endra Amzar juga didampingi Sekretaris Dinas DPMD/N Elfitria.

Menjawab pertanyaan PilarbangsaNews pada kesempatan tersebut, Ilda mengatakan, peran media sangat signifikan menginformasi dan mensosialisasikan tahapan-tahapan Pilwanag ini.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Satuan Satpol PP Limapuluh Kota Fidria Fala melalui Kabid Perlindungan Masyarakat dan Linmas Hendra yang ditemui PilarbangsaNews di kantornya Kamis (19/5/2022) sore mengatakan, instansinya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari anggota Linmas di nagari-nagari untuk melancarkan pesta demokrasi anak nagari tersebut.

“Kami bersama jajaran dibawah yang berjumlah 1.540 orang anggota Linmas siap mengamankan mulai pra hari pencoblosan, hari H pencoblosan, dan pasca pencoblosan,” ucap Hendra.(wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *