Tanah Datar

Luar Biasa! Bumdus Kanter Leans Berikan Manfaat kepada Masyarakat

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Sejak berdirinya Badan Usaha Milik Dusun (Bumdus) Kanter Leans di tahun lalu, banyak masyarakat Nagari Guguak Malalo, Kec. Batipuh Selatan, Tanah Datar, yang membuka lapangan kerja untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Bumdus Kanter Leans telah pula mampu menyisihkan keuntungan selama beroperasi dan telah menghimpun dana sebesar Rp40 juta yang telah disumbangkan untuk pembangunan Masjid Nurul Iman. Hal ini dilakukan untuk memajukan pembangunan di Nagari Guguak Malalo.

Bumdus Kanter Leans berusaha di bidang penyediaan beras berkualitas tinggi telah mampu menjaga stabilisasi harga beras di pasaran. Bumdus membeli gabah dengan harga yang wajar, sehingga berhasil membebaskan petani dari jeratan para tengkulak.

“Kita mengapresiasi terobosan yang dilakukan Bumdus Kanter Leans. Tentunya ini merupakan dukungan bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan kesejahteraan dan masyarakat madani,” ujar Bupati Tanah Datar Eka Putra S.E.MM didampingi oleh ketua TP-PKK Tanah Datar Ny Lise Eka Putra saat mengunjungi Bumdus Kanter Leans di Jorong Guguk Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan pada Rabu (8/6/2022).

Bupati Eka juga ingin agar Bumdus Kanter Leans terus berinovasi dan mengembangkan usaha yang digagas oleh perantau dan masyarakat ini sehingga, seantero Tanah Datar umumnya merasakan dampak positifnya.

“Kami berharap seluruh nagari di Tanah Datar dapat mengikuti langkah para perantau dan masyarakat Nagari Guguak Malalo dengan mendirikan Bumdus Kanter Leans yang akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat,” ujar Bupati Eka.

Manajer Keuangan Bumdus Kanter Leans Suhermi mengatakan, perantau dan masyarakat bahu-membahu membangun usaha karena melihat harga beras yang tidak menentu di pasar telah membebani masyarakat.

“Karena itu muncul inisiatif perantau dan masyarakat untuk membangun Bumdus Kanter Leans, karena sulitnya mendapatkan harga beras yang stabil, karena adanya tekanan harga dari para tengkulak,” kata Suhermi.

Ia juga mengatakan bahwa beras dari Kanter Leans tidak hanya digunakan oleh masyarakat sekitar, tetapi juga oleh perantau di beberapa provinsi. “Memang beras tidak hanya untuk masyarakat sekitar, qberas juga menjangkau berbagai provinsi,” kata Suhermi.

Selama proses produksi, masyarakat direkrut untuk mengeringkan gabah dan dalam proses mengemas beras. Masyarakat selama proses produksi beras terlibat, sehingga menambah pendapatan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kunjungan ini Camat Batipuh Selatan Benny Yohenri, Anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto, Pejabat Nagari Guguak Malao dan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Tanah Datar. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *