.

Zuhrizul : Anugerah Adalah Bonus, Inti Desa Wisata Adalah Dampak Ekonomi

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Ketua Tim Pendampingan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2 Dewi) Sumbar, Zuhrizul mengucapkan selamat kepada tiga desa wisata (Dewi) Sumbar yaitu Dewi Ulakan Kab. Padang Pariaman, Dewi Pariangan Kabupaten Tanah Datar dan Dewi Silokek Kabupaten Sijunjung yang masuk 50 besar desa wisata terbaik nasional tahun 2022.

“Selamat kepada 3 Dewi Sumbar yang masuk nominasi dan bagi kita pencapaian anugerah ini nantinya adalah sebagai bonus/apresiasi bagi desa wisata yang dianggap sudah siap dengan 7 kategori penilaian desa wisata yang layak antara lain bidang daya tarik wisata alam dan buatan, kesiapan homestay, kelembagaan badan pengelola, penerapan protokol kesehatan, ekraf sebagai souvenir, kuliner, toilet yang bersih, IT desa digital dan konten-konten kreatif serta seni tradisi,” ujar Zuhrizul.

Zuhrizul berharap ke depan semua potensi yang ada harus benar benar digali terus sehingga menjadi paket desa wisata yang layak jual bagi calon wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Tentunya akan memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi nagari, mengurangi pengangguran, melestarikan alam, budaya dan melestarikan nilai-nilai luhur peradaban kearifan lokal sebagai bagian dari daya tarik desa wisata.

“Desa wisata yang sukses bukanlah yang mendapatkan anugerah-anugerah tapi desa wisata yang memberikan dampak terhadap ekonomi warga lokal, alam yang terjaga serta budaya yang lestari,” tegas Zuhrizul.

Menurut Zuhrizul, suksesnya pariwisata Sumbar tidak terlepas dari kolaborasi pemerintah, asosiasi pariwisata, pelaku usaha, komunitas/pokdarwis, akademisi, jurnalis/media dan peran para politisi di DPRD yang fokus support kemajuan wisata Sumbar.

“Kedepan kita tetap harus kolaborasi semua pihak dan tidak jalan sendiri-sendiri untuk mewujudkan daya saing wisata Sumbar menjadi tujuan utama wisatawan nusantara maupun mancanegara.” tutur Zuhrizul yang akrab dipanggil Mak Etek.

Terakhir Zuhrizul mengucapkan terima kasih
kepada penggiat wisata yang tergabung dalam TP2 Dewi yang terlibat langsung dalam proses persiapan desa wisata dan juga media/jurnalis yang menginformasikan perkembangan desa-desa wisata di Sumbar. (Cok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *